Bapeten Ingin Perkenalkan Dampak Positif Nuklir


Print Friendly, PDF & Email

Kepala Biro Hukum dan Organisasi yang membawahi fungsi Hubungan Masyarakat Bapeten, Taruniyati Handayani, di Jakarta, Selasa (25/9/2018). Foto: Faqih Fathurrahman/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID – Selama ini kata nuklir sangat mengerikan bagi masyarakat awam. Padahal, masih banyak fungsi nuklir yang berguna bagi manusia, baik untuk  energi, pengobatan dan fungsi  lainnya. Itu sebabnya, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) ingin memperkenalkan nuklir secara lengkap.

Kepala Biro Hukum dan Organisasi Bapeten, Rini Handayani, mengatakan nuklir bukan hanya memiliki dampak negatif namun ada juga hal positif yang dapat diperoleh dari nuklir.

“Selama ini kita mengenal nuklir tentu sangat akrab dengan bom atau sesuatu yang negatif, namun nuklir dapat juga di manfaatkan dalam hal positif seperti mengawasi dan melindungi masyarakat. Contohnya ct scan dalam dunia medis,” paparnya, di Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Dalam hal itu Bapeten mengajak rekan media untuk lebih mengenal nuklir dengan melakukan kunjungan kepada objek-objek pengawasan vital yaitu reaktor nuklir yang berada di kawasan Serpong, pada Rabu (26/9/2018).

“Kita memang belum punya reaktor nuklir, namun yang belum kita miliki adalah reaktor nuklir untuk pembangkit listrik. Tapi untuk eksperimen penelitian kita sudah punya bahkan mencapai tiga unit,” tambahnya

Dalam waktu dekat juga Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan)  memotori untuk membuat alat untuk menditeksi zat radio aktif yang dikenal sebagai Radiation Portal Monitoring (RPM) di bawah pengawasan Bapeten. (cr-4)

(Indopos.co.id, 25 September 2018)

Tags:

Comments & Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *