Indonesia Butuh Nuklir


Print Friendly, PDF & Email

Indonesia Butuh NuklirJudul: Indonesia Butuh Nuklir
Pengarang: Agus Mustof
Penerbit: PADMA Press
Tahun Terbit: 2006
Tempat Terbit: Surabaya
Deskripsi Fisik: Ilus; 133 Hal
Subyek: Nuklir
Klasifikasi : 621.48
ISBN:979-98337-9-5

Indonesia seharusnya membangun reaktor nuklir untuk energi masa depan. Kenapa? Karena dengan nuklir pemerataan energi seperti pasokan listrik dalam mendukung pembangunan di seluruh wilayah Indonesia dapat terpenuhi. Kita harus melihat negara-negara maju Seperti Amerika, Rusia, Korea, India, bahkan Jepang yang notabene sebagai negara korban bom nuklir, namun mereka tetap memanfaatkannya karena mereka tahu bahwa nuklir bisa digunakan untuk kemaslahatan umat. Jadi, nuklir bukan hanya bersifat merusak. Tentu saja itu adalah persepsi yang salah kaprah. Saatnya Indonesia harus bangun dari tidur panjang dan mulai membangun reaktor nuklir untuk masa yang akan datang. Itulah yang dikemukakan Agus Mustofa dalam bukunya Indonesia Butuh Nuklir.

Buku yang ditulis oleh lulusan Teknik Nuklir UGM ini mencoba menawarkan gagasannya tentang enegi alternatif untuk masa depan. Indonesia memang memiliki ketersediaan energi seperti sumber tenaga air, batu bara, minyak bumi, gas alam, oanas bumi, dan tenaga matahari. Namun, dari semua itu tidakkah Indonesia mulai melirik nuklir? Penulis mencoba menguraikan pemikiranya terkait energi masa depan yaitu dengan energi nuklir.

Buku ini terbit tahun 2006 terdiri dari 6 bab, 133 halaman. Dalam buku ini, penulis juga menguraikan nuklir itu tidak hanya berkaitan senjata. Namun, kini nuklir bisa dimanfaatkan untuk industri, kesehatan, dan pertanian. Energi nuklir merupakan energi raksasa yang bisa mendukung pembangunan dalam jangka panjang. Penulis juga menguraikan contoh negera seperti Jepang sebagai korban nuklir, akan tetapi tetap memanfaatkannya. Ketakutan tentang nuklir, tentu saja itu wajar. Namun, bukan berarti menjadi paranoid terus-menerus karena apabila nuklir dikelola dengan manajemen yang baik, maka akan aman.

Link Katalog

Tags: , ,

Comments & Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *