Menulis Buku, Membagi Ilmu: Pengalaman Menulis Buku Teks


Print Friendly, PDF & Email
Menulis Buku, Membagi Ilmu: Pengalaman Menulis Buku Teks

Menulis Buku, Membagi Ilmu: Pengalaman Menulis Buku Teks

Seperti yang disampaikan oleh penulisnya, bahwa buku ini adalah bukanlah buku tentang bagaimana cara menulis atau dengan kata lain terkait proses atau langkah demi langkah agar bisa menulis melainkan sebuah buku yang bercerita tentang pengalaman penulis ketika pertama kali mengirimkan naskah ke penerbit, namun, ditolak hingga beberapa kali. Dengan tetap penuh semangat dan rasa optimisme , penulis pantang menyerah untuk terus berusaha, memperbaiki atas naskah-naskah yang ditolak oleh penerbit.

Tentu saja buku ini memberikan motivasi bagi siapa saja yang ingin menggeluti dunia penulisan. Dikatakan bahwa menulis merupakan pekerjaan yang bisa menjanjikan mulai dari penyebaran ilmu pengetahuan, populer hingga materi.

Bambang Ruwanto secara khusus menceritakan pengalaman terkait penulisan buku teks yang digunakan untuk bahan ajar. Mulai untuk universitas, SMA, SMP bahkan SD. Buku yang terdiri dari 8 bab ini memberikan kisah yang menarik khususnya terkait kolaborasi menulis dengan anaknya (Baca Hal.33).

Bambang Ruwanto menceritakan bagaimana ia termotivasi untuk menulis dengan melihat kondisi dunia perbukuan khususnya buku teks Fisika yang menurutnya masih belum ditulis secara mudah hingga terasa sulit dipahami oleh pembaca seperti mahasiswa dan pelajar.

Ide-ide kreatif untuk buku yang dituliskannya tidak jauh dari dunia Fisika yang digelutinya dan kondisi lingkungan sekitar mulai dari komunikasi dengan anak, lomba menulis, bahkan lingkungan sekitar yang ia tinggali seperti kejadian sehari-hari misalnya ketika terjadi bencana seperti tsunami dan gempa bumi. Berawal dari itu, Bambang Ruwantto hingga bisa banyak membuat buku tentang alam.

Diakhir bab, buku ini juga menyuguhkan beberapa contoh surat perjanjian penerbitan dan statistik laporan penjualan dari Bambang Ruwanto. Untuk para pemustaka yang tertarik ingin bagaimana perjalanan menjadi seorang penulis buku teks dari nol hingga bisa menerbitkan banyak buku teks, maka bacalah buku ini.

Deskripsi Buku:
Judul: Menulis Buku, Membagi Ilmu: Pengalaman Menulis Buku Teks
Pengarang: Bambang Ruwanto
Tahun Terbit: 2015
Penerbit: Nugra Media
Jumlah Halaman: 87

Daftar Isi:
• Kata pengantar
• Pendahuluan
• Membantu Mahasiswa
• Prihatin Dengan Buku Teks Fisika
• Ditantang editor
• Hidup di Negeri Bencana
• Belajar Dari Profesor Cho
• Belajar Sains Dengan Putri Bungsu
• Tergiur Dengan Hadiah Lomba
• Eksperimen Fisika itu Menyenangkan
• Penutup

Biodata Penulis
Bambang Ruwanto adalah lulusan dari Prodi Fisika Program Pascasarjana (S2) Universitas Gadjah Mada. Ia lahir di Kulonprogo pada tanggal 25 Desember 1965. Sejak tahun 1991 ia menjadi dosen di Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas negeri Yogyakarta (UNY). Bambang Ruwanto hobi membaca dan punya cita-cita untuk menjadi buku teks. Sekarang cita-citanya telah terkabul dan hingga sekarang telah banyak menerbitkan buku teks baik untuk mahasiswa dan pelajar.

 

Tags: ,

Comments & Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *