Teknologi Nuklir: Proteksi Radiasi dan Aplikasinya


Print Friendly, PDF & Email

Teknologi Nuklir: Proteksi Radiasi dan AplikasinyaJudul: Teknologi Nuklir: Proteksi Radiasi dan Aplikasinya
Pengarang: Wisnu Arya Wardhana
Penerbit: Andi Publisher
Tahun Terbit: 2007
Tempat Terbit: Yogyakarta
Deskripsi Fisik: xxvii; 430 hlm; ilus; 16x23cm
Subyek: Teknologi Nuklir
Klasifikasi : 621.48
ISBN:9789797635510

Apa itu nuklir? Apa itu radiasi? Apa itu limbah radioaktif? Kemudian apakah teknologi nuklir bermanfaat untuk kehidupan manusia? Semua pertanyaan itu bisa dibaca dibukunya Wisnu Arya Wardhana. Buku yang berjudul Teknologi Nuklir diterbitkan oleh Andi Publisher. Terdiri dari 10 Bab, 430 halaman.

Secara umum sumber radiasi bersumber pada alam dan juga buatan. Ada banyak jenis radiasi di dunia ini seperti radiasi Alpha, Beta Min, Beta plus, Tangkapan Elektron Orbital, Gelombang Elektromagnetis, Sinar-X, Sinar Gamma, Konversi Internal, Isomerik dan Neutron. Semua jenis radiasi tersebut secara lengkap dibahas di halaman 23-49. Buku yang ditulis oleh pengajar STTN Batan Yogyakarta ini menarik untuk dibaca khususnya untuk para siswa jurusan IPA, mahasiswa jurusan teknik fisika, nuklir, profesional pengawas radiasi, peneliti dibidang nuklir, operator radiografi dan profesional lainya yang bergelut dalam bidang nuklir.

Dibab 8 secara khusus penulis juga menguraikan aplikasi teknologi nuklir dalam kehidupan sehari-hari seperti bidang energi, indsutri, kedokteran, hidrologi, pertanian, biologi, pertambangan, farmasi, lingkungan penelitian, bahkan hingga arkeologi. Menarik bukan? Ternyata nuklir memiliki banyak manfaat selain dari hanya sekedar senjata. Selama ini, menyoal nuklir persepsi masyarakat masih berkuat hanya pada senjata. Padahal, tentu saja lebih dari itu. Buku Teknologi Nuklir ini menjadi pembuka cakrawala pengetahuan bahwa sejatinya nuklir tidak seseram yang dibayangkan. Di bab terakhir, penulis juga secara khusus mengulas terkait limbah radioaktif mulai dari pengelolaan, penyimpanan serta nilai ekonomisnya.

Link Katalog

Tags: , ,

Comments & Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *