Ternyata, Bapeten Ikut Amankan Asian Games 2018


Print Friendly, PDF & Email

Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com – Diam-diam, ternyata Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dilibatkan pada gelaran Asian Games (AG) 2018 Jakarta-Palembang. Instansi pemerintah yang mengawasi masalah nuklir di Tanah Air tersebut sudah dilibatkan sejak pawai obor AG pertama kali digelar di Yogyakarta.

Menurut Kabag Humas Bapeten, Abdul Qohhar, tugasnya adalah mendeteksi jika ada ancaman selama pelaksanaan event dua tahunan tersebut. Sebelum upacara pembukaan dan penutupan, pihaknya menyisir Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta. Bahkan, di tengah keramaian penonton, mereka ikut membaur dan mendeteksi dengan memakai detektor jikalau ada hal-hal yang membahayakan. Sebab, seandainya terjadi ancaman seperti bom, maka yang dipertaruhkan adalah bangsa Indonesia.

“Yang kami lakukan adalah pemantauan background radiasi, tidak hanya tempat olahraga atau venue-nya saja, tapi tempat lain seperti bandara, wisma atlet, media¬† center, mal dan lain-lain. Penyelenggaraan Asian Games harus diproteksi karena penyelenggaraannya panjang, sampai dua minggu,” ujar Qohhar saat menjadi pembicara pada kegiatan Media Gathering bersama Bapeten di Jakarta, Selasa (25/9).

Dijelaskan, jika sampai kecolongan terjadi ledakan bom misalnya, hal itu akan berdampak buruk bagi nama baik Indonesia. Menurut dia, dampaknya bisa merembet ke sosial, ekonomi dan politik, bahkan pariwisata. “Dampaknya akan ada travel warning bagi turis yang akan ke Indonesia. Ini akan membahayakan,” terangnya.

Namun, pada pelaksanaan Asian Para Games 2018 (APG) yang digelar di Jakarta, 6-13 Oktober mendatang, pihaknya tak dilibatkan. Masalahnya, pada pesta olahraga bagi penyandang disabilitas tingkat Asia tersebut anggarannya minim. “Untuk Para Games tidak (terlibat). Tidak ada dananya,” kata Qohhar.

Turut hadir pada kegiatan Media Gathering itu, antara lain Kepala Biro Hukum dan Organisasi Bapeten Runi Handayani serta sejumlah blogger, vlogger dan awak media.

(Suaramerdeka.com, 26 September 2018)

Tags:

Comments & Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *