Sensus Penguin Antartika



Editor Sunu Dyantoro

Selasa, 9 Januari 2024 12:26 WIB

TEMPO.CO, Jakarta -  Jumlah mikroplastik di Antartika dianalisis menggunakan ilmu nuklir untuk mempelajari perairan, sedimen, dan bahkan kotoran penguin di wilayah tersebut.

Investigasi gabungan baru yang diluncurkan akhir pekan ini oleh Badan Energi Atom Internasional PBB dan Institut Antartika Argentina (IAA) adalah bagian dari Inisiatif Plastik NUTEC IAEA yang mengamati polusi mikroplastik di negara-negara di seluruh dunia.

Rafael Grossi, direktur jenderal IAEA, mengatakan bahwa dengan menggunakan aplikasi nuklir, jumlah polutan yang ditemukan di dasar laut dan dari mana asalnya dapat ditentukan dengan akurat.

“Kesehatan Antartika sangat penting bagi kesehatan planet ini,” kata Grossi kepada Reuters dari “benua putih”, tempat ia mengunjungi Presiden Argentina Javier Milei pada hari Sabtu.

“Mikroplastik berdampak pada lingkungan dan tempat ini tidak terkecuali," kata dia, dikutip dari Reuters, Selasa, 9 Januari 2023.

Program ini akan menggunakan kapal pemecah es Argentina Almirante Irízar dan para ilmuwan akan mengambil sampel dari guano penguin, sedimen dari dasar laut, dan dari air di sekitar lapisan es untuk dianalisis di Pangkalan Carlini Argentina di Antartika. Lainnya akan dikirim ke pusat penelitian IAEA di Monaco.

“Kami memberikan perhatian khusus pada bagian terkecil dari mikroplastik dan mencoba mengidentifikasi asal usulnya,” kata Lucas Ruberto, peneliti di IAA, seraya menambahkan bahwa mereka kemudian akan mengidentifikasi cara membersihkan dan bahkan mencegahnya.

“Juga jika mereka terbawa oleh arus laut dari bagian lain di planet ini atau dihasilkan di Antartika sendiri.”

Ruberto mengatakan mikroplastik - partikel yang lebih kecil dari 5 milimeter - merupakan masalah global akibat penggunaan plastik dalam jumlah besar dan berbahaya bagi kehidupan, karena sering tertelan sehingga menyebabkan penumpukan di dalam organisme yang dapat menyebabkan penyakit.

“Diperkirakan sejak diperkenalkan ke pasar, 7 miliar ton plastik telah dibuang ke lingkungan, sebagian besar di antaranya ke lingkungan laut,” ujarnya.

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1819041/mikroplastik-di-antartika-dianalisis-gunakan-ilmu-nuklir-kaji-kotoran-penguin

Sumber : Tempo

Tags : Teknik Nuklir

Komentar


Daftar Komentar


- 0 -