China Diduga Bikin Kapal Selam Nuklir Baru, Bisa Muat Rudal
CNN Indonesia
Selasa, 10 Mei 2022 19:09 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Citra satelit terbaru memperkuat dugaan China membuat kapal selam bertenaga nuklir baru dengan teknologi lebih mutakhir. Kapal itu diduga bisa memuat rudal.

Dugaan ini muncul setelah Planet Labs merilis citra satelit yang memperlihatkan satu kapal selam di Pelabuhan Huludao, Provinsi Liaoning, China, pada 24 April hingga 4 Mei lalu.

Beberapa analis militer menilai penempatan kapal selam di lautan China merupakan sesuatu yang langka. Penampakan kapal tersebut lantas memunculkan dugaan China memiliki kapal selam baru.

Walaupun demikian, masih belum jelas kapal selam tersebut merupakan armada baru atau bukan. Tak diketahui pula kapal itu punya teknologi yang sudah ditingkatkan, atau jenis kapal lain.

Menurut beberapa analis, kapal tersebut memiliki area untuk menampung tempat penyimpanan rudal dan sistem propulsi baru yang lebih senyap.

Pengamat dari Sekolah Studi Internasional S. Rajaratnam, Collin Koh, mengatakan bahwa kemunculan citra kapal ini memperkuat kekhawatiran sejumlah pihak.

Menurutnya, sekarang sedang tumbuh kekhawatiran besar atas keberadaan kapal selam China tipe 093 "pembunuh-pemburu" yang dilengkapi tabung peluncuran rudal kendali vertikal.

Tabung rudal tersebut bakal menambah fleksibilitas kapal selam China, juga melengkapi armada tersebut dengan berbagai rudal kendali.

Namun, Koh menilai gambaran satelit yang didapatkan masih sangat terbatas untuk bisa mengidentifikasi secara pasti jenis kapal itu.

"[Gambar itu] sangat menarik, tetapi masih sangat sulit untuk yakin apakah kita melihat semacam reparasi untuk pengujian atau memang kapal selam jenis baru," ujar Koh.

Selain itu, Koh dan analis lain tengah memantau dengan serius untuk menentukan kapal selam China bakal beralih menggunakan jet propeler yang lebih sunyi dibandingkan baling-baling konvensional atau tidak.

Pada November lalu, Pentagon memang sempat menyatakan Angkatan Laut China bakal membangun kapal selam serang baru yang memiliki tabung peluncuran rudal kendali dalam beberapa tahun ke depan.

(pwn/has)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20220510175233-113-795152/china-diduga-bikin-kapal-selam-nuklir-baru-bisa-muat-rudal

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -