Dalam rangka peringatan Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan pada tanggal 14 September, Perpustakaan BAPETEN telah mengadakan kegiatan bedah buku berjudul Meniti Karir Sebagai Abdi Negara, karya dari Ir. Sukarman Aminjoyo, APU. Penulis adalah seorang Kepala BAPETEN periode 2005-2008. 

Acara bedah buku diselenggarakan di Gedung B, Lantai 8, Auditorium BAPETEN. Dalam acara tersebut dihadiri juga oleh dua orang pembahas/pembedah, yakni Yusri Heni (Purnabakti PNS) dan Wisnu Hadi (Pengawas Radiasi).

Sukarman, Penulis Buku

Tujuan utama dari kegiatan bedah buku tersebut tidak hanya sebagai peringatan Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan, akan tetapi juga dalam rangka mendukung kegiatan manajemen pengetahuan di BAPETEN khususnya knowledge sharing untuk para pegawai BAPETEN muda. Selain itu, sebagai bentuk apresiasi untuk penulis buku dan menggelorakan dunia literasi pengawasan ketenaganukliran.

Yusri Heni, Pembedah Buku

Sang penulis, Sukarman mengatakan bahwa pada awalnya dalam proses menulis buku ini dibuat dengan tujuan untuk dokumentasi pribadi khususnya untuk keluarga. Namun demikian, tentu saja sekaligus untuk berbagi pengalaman kepada pembaca khususnya pegawai BAPETEN. Ada beberapa pokok bahasan di antaranya pengalaman ketika mengabdi di BATAN dan BAPETEN. Puncak karirnya menjadi abdi negara ketika menjadi Kepala BAPETEN tentu sebuah pengalaman berharga yang penuh makna.

Pembedah buku, Yusri Heni mengatakan bahwa buku yang ditulis oleh Bapak Sukarman ini termasuk dalam kategori buku non fiksi, bergenre biografi. Buku tersebut juga termasuk dalam jenis knowledge book karena berisi ilmu pengetahuan dan pengalaman mempraktikan keilmuannya. Isi dari buku selaras dengan judul. Namun demikian, menurut Yusri Heni, ada beberapa catatan penting seperti cover yang sederhana, perlunya bab khusus dengan penomoran agar tersistematis, perlunya kutipan terkenal untuk setiap konten. Selain itu, perlunya ringkasan profil penulis. 

Sementara itu, pembedah kedua, Bapak Wisnu Hadi mengatakan bahwa hikmah dari membaca buku ini seperti:

  • Menjalin Kerjasama yang baik
  • Punya cita-cita
  • Tidak pernah menolak tugas yang diberikan atasan dan menghormati atasan
  • Menghormati dan menghargai teman dan bawahan
  • Berani mengambil keputusan
  • Konsisten dan pegang janji
  • Selalu ingat kebaikan orang lain kepada kita
  • Selalu melaksanakan perintah Allah Swt. termasuk ibadah sunah

Wisnu Hadi, Pembedah Buku

Peserta Bedah Buku dan Para Narasumber

Sinopsis Buku

Perjalanan hidup dari seorang tokoh yang sukses sering kali penuh dengan hambatan dan rintangan. Mimpi-mimpi dan perjuangan yang tak pernah lelah hingga mencapai titik puncak karir sesuai yang diinginkan, tentu harus tertanam kuat bagi setiap insan yang ingin meraih kesuksesan tersebut. Seperti yang diceritakan dalam buku autobiografi ini. Sebuah kisah dari anak desa yang berasal dari Lereng Gunung Sindoro. Siapa yang menyangka, takdir menghantarkan sosok Sukarman Aminjoyo menjadi Kepala BAPETEN pada 2005-2008. Ada banyak pengalaman bekerja dan prestasi gemilang yang dituliskan dalam buku setebal 148 halaman ini. Penuh inspirasi dan motivasi untuk pembaca khususnya untuk generasi muda BAPETEN. Penasaran? Ayo baca buku ini karena ada banyak hikmah tersembunyi yang bisa menjadi pelajaran berharga untuk Anda. 
•    Judul: Meniti Karir Sebagai Abdi Negara
•    Pengarang: Ir. Sukarman Amonjoyo, APU
•    Penerbit: Penguyuban Keluarga Besar Aminjoyo
•    Tahun Terbit: Cetakan Kedua (Maret 2016).
•    Jumlah Halaman: 141

Sumber : Murad Maulana

Tags : Perpustakaan BAPETENBedah Buku

Komentar


Daftar Komentar


- 0 -