USS Carl Vinson. Foto: Petty Officer 1st Class Arthurgwain L. Marquez/U.S. Navy via AP, File



Tim - detikInet
Jumat, 02 Feb 2024 15:30 WIB

Jakarta - Amerika Serikat mengerahkan 3 kapal induk canggihnya sekaligus ke kawasan Asia. Pakar mengatakan, hal ini dilakukan sebagai antisipasi memanasnya situasi dan agresifitas China serta Korea Utara.
Tiga kapal induk tersebut adalah USS Carl Vinson, USS Theodore Roosevelt dan USS Ronald Reagan. USS Carl Vinson dan USS Theodore Rooselvelt terlibat latihan perang dengan militer Jepang di Laut Filipina di timur Taiwan. Semua kapal induk itu bertenaga nuklir dan dibekali beragam senjata canggih.

Lusinan kapal perang AS dan Jepang ikut serta dalam latihan, ketika ketegangan antara China dan Jepang serta negara lainnya sedang tinggi. "Ini adalah demonstrasi komitmen AS ke wilayah ini meskipun sedang ada kejadian di Timur Tengah," kata Collin Loh, pakar dari S. Rajaratnam School of International Studies in Singapore.

Di Timur Tengah, AS hanya mengerahkan satu kapal induk yaitu USS Dwight D. Eisenhower. Bersama Inggris, kapal perang AS dan jet tempur menggempur posisi kelompok Houthi di Yaman.

Carl Schuster, analis yang juga mantan direktur operasi di Pusat Intelijen Gabungan Komando Pasifik AS, mengatakan bahwa menggelar latihan bersama di Laut Filipina menunjukkan Angkatan Laut AS dapat mengirim pasukan dengan cepat ke wilayah jika ada ancaman dari China.

"Sebagai latihan, ini menunjukkan mobilitas kapal induk. Secara geopolitik, hal ini juga menyoroti kemampuan maskapai penerbangan untuk mendukung berbagai kemungkinan di wilayah yang luas," kata Schuster, dikutip detikINET dari CNN.

Konflik berpotensi terjadi di pulau-pulau dan terumbu karang di Laut Cina Selatan, tempat kapal-kapal China dan Filipina baru-baru ini terlibat konfrontasi, hingga Taiwan. Taiwan jadi fokus utama sejak pemilu 13 Januari, di mana Partai Progresif Demokratik (DPP) yang tak akur dengan China menang. Beijing merespons segera setelah pemungutan suara tersebut dengan mengatakan, "Taiwan adalah bagian dari China."

China memandang Taiwan sebagai wilayahnya dan Xi Jinping tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan militer. Kepala Komando Indo-Pasifik AS, Laksamana John Aquilino, menyebut Beijing menunjukkan ketidaksenangan terhadap hasil pemilu itu.

"Tekanan terhadap Taiwan terus berlanjut, dan kami mengamatinya setelah pemilu. Saya tidak yakin apa yang akan mereka lakukan, tapi saya memperkirakan akan ada demonstrasi kekuatan melawan Taiwan dalam waktu dekat," katanya.

(fyk/fyk)

Sumber: https://inet.detik.com/cyberlife/d-7173499/amerika-kirim-3-kapal-induk-nuklir-ke-asia-untuk-gertak-china

Sumber : Detik

Tags : Kapal Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -