Vladimir Putin (Republika)



REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia sedang dalam proses melengkapi kapal selam nuklir terbarunya dengan rudal Zircon hipersonik. Hal itu disampaikan Kepala Pembuat Kapal terbesar di Rusia, yang mengatakan kepada kantor berita negara RIA dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Senin (14/8/2023).

"Kapal selam nuklir multiguna dari proyek Yasen-M akan ... dilengkapi dengan sistem rudal Zircon secara teratur," kata Alexei Rakhmanov, kepala eksekutif United Shipbuilding Corporation (USC), kepada RIA. "Pekerjaan ke arah ini sudah berjalan," katanya.

Kapal selam kelas Yasen, yang juga dikenal sebagai Proyek 885M, adalah kapal selam rudal jelajah bertenaga nuklir, yang dibangun untuk menggantikan kapal selam serang nuklir era Soviet sebagai bagian dari program untuk memodernisasi angkatan darat dan armada.

Rudal hipersonik Zirkon yang berbasis di laut memiliki jangkauan 900 km (560 mil), dan dapat melaju dengan kecepatan beberapa kali kecepatan suara, sehingga sulit untuk mempertahankan diri dari rudal tersebut.

Presiden Vladimir Putin mengatakan pada awal tahun ini bahwa Rusia akan memulai pasokan massal rudal Zircon sebagai bagian dari upaya negara untuk meningkatkan kekuatan nuklirnya.

Kapal fregat multiguna Rusia Admiral Gorshkov, yang telah menguji kemampuan serangannya di Samudra Atlantik barat pada awal tahun ini, telah dilengkapi dengan rudal Zircon. 

Kapal selam bertenaga nuklir Proyek 885M (Yasen-M) terbaru, Krasnoyarsk, akan melakukan tiga kali uji coba peluncuran rudal jelajah Kalibr-PL dan Oniks selama uji coba pada Agustus-September tahun ini, sebuah sumber yang dekat dengan Angkatan Laut Rusia mengatakan kepada TASS.

"Selama uji coba gabungan negara, kapal selam bertenaga nuklir Krasnoyarsk akan melakukan tiga kali peluncuran rudal Kalibr dan Oniks dari posisinya yang terendam di Laut Barents," kata sumber tersebut.

Satu uji coba peluncuran akan melibatkan penembakan salvo rudal jelajah Kalibr dan Oniks, kata sumber tersebut.

Setelah uji coba dan pemeriksaan peralatannya, kapal selam Krasnoyarsk yang dibangun di Galangan Kapal Sevmash (bagian dari United Shipbuilding Corporation) akan dikirim ke Angkatan Laut Rusia pada akhir tahun ini. Transit ke Armada Pasifik ke pangkalan angkatan laut permanen dijadwalkan pada 2024, kata sumber itu.

Kapal Selam Krasnoyarsk adalah kapal selam kedua yang diproduksi secara serial dan ketiga yang dibuat oleh Proyek 885M (Yasen-M). Kapal selam ini dibuat pada 2014 dan diluncurkan pada 30 Juli 2021. Sumber TASS melaporkan, kapal selam itu dikerahkan ke Laut Putih pada 26 Juni 2022 untuk memulai uji coba laut oleh para pembuat kapal.

Kapal selam Proyek 885M dirancang oleh Biro Teknik Kelautan Malakhit yang berbasis di Sankt Peterburg. Kapal selam utama Proyek 885M, Kazan, telah diserahterimakan kepada Angkatan Laut Rusia pada 7 Mei 2021. Kapal selam bertenaga nuklir multiguna Proyek 885/885M membawa rudal jelajah Kalibr-PL dan Oniks sebagai senjata serang dasarnya. 

 

Sumber : Reuters

Republika, Senin 14 Aug 2023 16:14 WIB

Link: https://internasional.republika.co.id/berita/rzdj0w383/rusia-akan-lengkapi-kapal-selam-nuklir-barunya-dengan-hipersonik

Sumber : Republika

Tags : Kapal Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -