Dalam foto yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara ini, tampak rudal balistik antarbenua dipamerkan dalam parade militer untuk memperingati 75 tahun berdirinya angkatan udara Korea Utara di Kim Il Sung Square di Pyongyang, Korea Utara, Rabu (8/2/2023)



PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara pada Senin (15/1/2024) pagi melaporkan kesuksesan uji coba rudal balistik jarak menengah berbahan bakar padat, menurut kantor berita pemerintah KCNA.  

Dikutip dari kantor berita AFP, kabar ini juga membenarkan laporan sebelumnya dari Korea Selatan.  

KCNA menambahkan, rudal yang ditembakkan pada Minggu (14/1/2024) sore ini dilengkapi hulu ledak terkontrol yang dapat bermanuver hipersonik.

Tujuan peluncuran tersebut adalah untuk memverifikasi karakteristik peluncuran dan manuver dari hulu ledak, dan keandalan mesin bahan bakar padat multi-tahap berdaya dorong tinggi yang baru dikembangkan, lanjutnya.  

Menurut KCNA, uji coba ini tidak pernah memengaruhi keamanan negara tetangga mana pun dan tidak ada hubungannya dengan situasi regional.  

Namun, uji coba ini terjadi hanya beberapa hari setelah Pyongyang melakukan latihan tembak di dekat perbatasan maritim yang tegang dengan Korea Selatan.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan pada Minggu (14/1/2024) melaporkan, rudal Korut terbang menuju Laut Timur dengan menempuh jarak sekitar 1.000 kilometer.

Ia menambahkan otoritas di Seoul, Washington, dan Tokyo sedang menganalisis spesifikasinya.  

Sebelum ini, rudal terakhir yang diuji coba Korea Utara adalah balistik antarbenua berbahan bakar padat (ICBM) Hwasong-18, ditembakkan ke Laut Timur pada 18 Desember 2023.

 

Sumber AFP

Kompas.com - 15/01/2024, 13:10 WIB

Penulis: Aditya Jaya Iswara

Link: https://www.kompas.com/global/read/2024/01/15/131016270/korea-utara-uji-coba-rudal-balistik-jarak-menengah-berbahan-bakar-padat

Sumber : Kompas

Tags : Rudal Balistik

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -