Rudal balistik.(Unsplash/Maciej Ruminkiewicz)



Kompas.com - 22/04/2024, 14:31 WIB Albertus Adit Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara kembali meluncurkan rudal balistik sebagai rangkaian uji coba pada tahun ini.  

Hal itu diungkapkan militer Korea Selatan pada Senin (22/4/2024). Menurutnya, rudal itu mengarah ke laut lepas pantai timur Korea Selatan.  

"Korea Utara telah menembakkan rudal tak dikenal ke Laut Timur," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, mengacu pada perairan yang juga dikenal sebagai Laut Jepang.

Jepang juga mengonfirmasi peluncuran tersebut, dan Kementerian Pertahanan Jepang menduga rudal balistik diluncurkan dari Korea Utara, dalam sebuah postingan di media sosial X, dikutip dari AFP.  

Sedangkan menurut penjaga pantai Jepang, rudal itu juga telah jatuh di lepas pantai tersebut.  

Media Jepang termasuk lembaga penyiaran publik NHK melaporkan bahwa dugaan rudal tersebut jatuh di luar Zona Ekonomi Eksklusif Jepang.  

Situs spesialis yang berbasis di Seoul, NK News, mengatakan bahwa waktu penerbangan yang singkat, kemungkinan di bawah sepuluh menit, mengacu pada peluncuran yang melibatkan rudal balistik jarak pendek (SRBM) atau sistem peluncuran roket ganda (MLRS) 600 mm.  

Peluncuran terbaru ini dilakukan setelah pengawasan sanksi PBB terhadap negara bersenjata nuklir tersebut dibatalkan bulan lalu oleh Rusia.  

Sebelumnya, pada hari Jumat, Korea Utara menguji hulu ledak superbesar yang dirancang untuk rudal jelajah strategis.  

Berbeda dengan uji coba rudal balistik, pengujian rudal jelajah tidak dilarang berdasarkan sanksi PBB terhadap Korea Utara.  

Rudal jelajah cenderung berbahan bakar jet dan terbang pada ketinggian yang lebih rendah dibandingkan rudal balistik yang lebih canggih, sehingga lebih sulit dideteksi dan dicegat.

Tahun lalu, Korea Utara melakukan sejumlah uji coba rudal yang melanggar sanksi PBB sejak tahun 2006 dan meskipun ada peringatan dari Washington dan Seoul.

Pyongyang mendeklarasikan dirinya sebagai negara senjata nuklir yang “tidak dapat diubah” pada tahun 2022.

Sumber: https://www.kompas.com/global/read/2024/04/22/143106870/korea-utara-kembali-luncurkan-rudal-balistik

Sumber : Kompas

Tags : Rudal Balistik

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -