Ilustrasi nuklir. /Pixabay/Markus Distelrath



Tim PR Tasikmalaya 03 - 2 Mei 2024, 06:37 WIB

PR TASIKMALAYA - Kepala pengawas nuklir PBB akan berkunjung ke Iran minggu depan karena program nuklir Teheran untuk memperkaya uranium tinggal selangkah lagi menuju tingkat senjata.  

PBB khawatir karena program Iran tersebut kurang dalam hal pengawasan internasional, para pejabat mengatakan hari Rabu, 1 Mei 2024.  

Kunjungan Rafael Mariano Grossi akan bertepatan dengan konferensi energi nuklir yang akan diselenggarakan Iran di pusat kota Isfahan, yang menjadi lokasi pengayaan uranium yang sensitif dan menjadi sasaran serangan Israel pada 19 April lalu.  

Kunjungan ini juga bertepatan dengan ketegangan regional yang lebih luas di Timur Tengah, yang dipicu oleh perang Israel-Hamas di Jalur Gaza, termasuk serangan-serangan terhadap kapal-kapal yang dilakukan oleh para pemberontak Houthi yang didukung oleh Iran di Yaman.

Direktur jenderal Badan Energi Atom Internasional akan mengunjungi Iran pada tanggal 6 dan 7 Mei, kata badan yang berbasis di Wina ini. PBB tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai jadwal atau pertemuannya.  

Televisi pemerintah Iran menggambarkan konferensi di Isfahan sebagai "konferensi internasional tentang ilmu dan teknik nuklir".  

Lembaga penyiaran tersebut mengutip Mohammed Eslami, kepala program nuklir sipil Iran, yang mengatakan pada hari Rabu bahwa Grossi akan menghadiri konferensi tersebut dan bertemu dengannya dan para pejabat lainnya.  

"Saya yakin bahwa ketidakjelasan akan terselesaikan dan kami dapat memperkuat hubungan kami dengan badan tersebut dalam kerangka perlindungan dan Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir," kata Eslami, dikutip dari AP News.***(Rachma Putri)

Sumber: https://tasikmalaya.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-068035954/iran-berupaya-perkaya-uranium-pbb-khawatir-dan-bakal-kunjungi-teheran

Sumber : Republika

Tags : Uranium

Komentar


Daftar Komentar


- 0 -