Hindari serangan udara AS, Iran dilaporkan bangun fasilitas nuklir di bawah gunung. Foto/AP



Berlianto
Selasa, 23 Mei 2023 - 15:26 WIB

WASHINGTON - Iran dilaporkan tengah membangun fasilitas nuklir yang berada jauh di dalam bumi. Fasilitas itu dibangun di dekat puncak Pegunungan Zagros, Iran tengah.

Fasilitas itu kemungkinan berada di luar jangkauan senjata Amerika Serikat (AS) yang dirancang untuk menghancurkan situs semacam itu.

Dilansir dari Associated Press, Selasa (23/5/2023), foto dan video dari Planet Labs PBC menunjukkan Iran telah menggali terowongan di gunung dekat situs nuklir Natanz, yang berulang kali diserang sabotase di tengah kebuntuan Teheran dengan Barat atas program nuklirnya.

Proyek baru itu sedang dibangun di sebelah Natanz, sekitar 225 kilometer selatan Teheran. Natanz sendiri telah menajdi perhatian internasional sejak keberadaannya diketahui dua dekade lalu.

Dilindungi oleh baterai anti-pesawat, pagar, dan paramiliter Garda Revolusi Iran, fasilitas ini terbentang seluas 2,7 kilometer persegi di Central Plateau yang gersang di negara itu.

Foto satelit yang diambil pada bulan April oleh Planet Labs PBC dan dianalisi oleh AP menunjukkan Iran menggali ke dalam Kuh-e Kolang Gaz La, atau "Gunung Beliung", yang berada tepat di luar pagar selatan Natanz.

Serangkaian gambar berbeda yang dianalisis oleh Pusat Studi Nonproliferasi James Martin mengungkapkan bahwa empat pintu masuk telah digali ke lereng gunung, dua di timur dan dua lainnya di barat. Masing-masing berukuran lebar 6 meter dan tinggi 8 meter.

Skala pekerjaan dapat diukur dalam gundukan tanah yang besar, dua di barat dan satu di timur. Berdasarkan ukuran tumpukan sampah dan data satelit lainnya, para ahli di pusat itu mengatakan kepada AP bahwa Iran kemungkinan membangun fasilitas di kedalaman antara 80 meter dan 100 meter. Analisis pusat, yang disediakan secara eksklusif untuk AP, adalah yang pertama memperkirakan kedalaman sistem terowongan berdasarkan citra satelit.

Institute for Science and International Security, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Washington yang telah lama berfokus pada program nuklir Iran, mengesankan tahun lalu terowongan itu bisa masuk lebih dalam lagi.

Para ahli mengatakan ukuran proyek konstruksi menunjukkan Iran kemungkinan akan dapat menggunakan fasilitas bawah tanah untuk memperkaya uranium juga, bukan hanya untuk membangun sentrifugal. Sentrifugal berbentuk tabung itu, disusun dalam kaskade besar dari lusinan mesin, dengan cepat memutar gas uranium untuk memperkayanya. Pemintalan kaskade tambahan akan memungkinkan Iran untuk dengan cepat memperkaya uranium di bawah perlindungan gunung.

“Jadi kedalaman fasilitas menjadi perhatian karena akan jauh lebih sulit bagi kami. Akan jauh lebih sulit untuk dihancurkan menggunakan senjata konvensional, seperti bom penghancur bunker biasa,” kata Steven De La Fuente, peneliti di pusat yang memimpin analisis pekerjaan terowongan.

Fasilitas Natanz yang baru kemungkinan berada lebih dalam di bawah tanah daripada fasilitas Fordo Iran, situs pengayaan lain yang diekspos pada tahun 2009 oleh AS dan para pemimpin dunia lainnya. Fasilitas itu memicu kekhawatiran di Barat bahwa Iran memperkuat programnya dari serangan udara.

Fasilitas bawah tanah semacam itu membuat AS menciptakan bom GBU-57, yang dapat menembus setidaknya 60 meter bumi sebelum meledak, menurut militer Amerika. Pejabat AS dilaporkan telah membahas penggunaan dua bom serupa secara berurutan untuk memastikan sebuah situs dihancurkan. Tidak jelas apakah hantaman satu-dua seperti itu akan merusak fasilitas sedalam yang ada di Natanz.

Dengan potensi bom seperti itu, AS dan sekutunya memiliki lebih sedikit pilihan untuk menargetkan situs tersebut. Jika diplomasi gagal, serangan sabotase dapat dilanjutkan.

Natanz sendiri telah menjadi sasaran virus Stuxnet, yang diyakini sebagai ciptaan Israel dan Amerika, yang menghancurkan sentrifugal Iran. Israel juga diyakini telah membunuh ilmuwan yang terlibat dalam program tersebut, menyerang fasilitas dengan drone pembawa bom dan melancarkan serangan lainnya. Namun pemerintah Israel menolak berkomentar.

Para ahli mengatakan tindakan mengganggu seperti itu dapat mendorong Teheran lebih dekat ke bom nuklir — dan menempatkan programnya lebih jauh ke gunung di mana serangan udara, sabotase lebih lanjut, dan mata-mata mungkin tidak dapat mencapainya.

“Sabotase dapat memutar kembali program nuklir Iran dalam jangka pendek, tetapi itu bukan strategi jangka panjang yang layak untuk menjaga Iran yang bersenjata nuklir,” kata Kelsey Davenport, direktur kebijakan nonproliferasi di Asosiasi Pengendalian Senjata yang berbasis di Washington.

“Mendorong program nuklir Iran lebih jauh di bawah tanah meningkatkan risiko proliferasi,” imbuhnya.

Iran sendiri menyangkal sedang mencari senjata nuklir, meskipun para pejabat di Teheran sekarang secara terbuka mendiskusikan kemampuan mereka untuk mengejarnya.

Misi Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, sebagai tanggapan atas pertanyaan dari AP mengenai pembangunan tersebut, mengatakan bahwa kegiatan nuklir damai Iran bersifat transparan dan di bawah perlindungan Badan Energi Atom Internasional (IAEA). Namun, Iran telah membatasi akses bagi inspektur internasional selama bertahun-tahun.

Iran mengatakan konstruksi baru itu akan menggantikan pusat manufaktur centrifugal di atas tanah di Natanz yang dilanda ledakan dan kebakaran pada Juli 2020. Teheran menyalahkan insiden itu pada Israel, yang telah lama dicurigai melakukan sabotase terhadap programnya.

Teheran belum mengakui rencana lain untuk fasilitas tersebut, meskipun harus mengumumkan situs tersebut ke IAEA jika mereka berencana memasukkan uranium ke dalamnya. IAEA yang berbasis di Wina tidak menanggapi pertanyaan tentang fasilitas bawah tanah yang baru.

(ian)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1106185/42/hindari-serangan-udara-as-iran-dilaporkan-bangun-fasilitas-nuklir-di-bawah-gunung-1684829153?showpage=all

Sumber : Sindonews

Tags : Senjata NuklirUranium

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -