Statistik Teori dan Aplikasi adalah buku yang ditulis oleh J. Supranto, seorang ahli statistika Indonesia terkemuka. Buku ini terdiri dari dua jilid, yaitu jilid 1 dan jilid 2, yang masing-masing berisi 10 bab. Buku ini ditujukan untuk para mahasiswa yang baru mempelajari statistika, baik di tingkat sarjana maupun pascasarjana. Secara garis besar, dalam buku ini memberikan penjelasan yang komprehensif namun ringkas tentang konsep-konsep dasar statistika, metode-metode analisis data, dan aplikasi-aplikasi statistika dalam berbagai bidang ilmu. Di sisi lain juga dilengkapi dengan istilah penting, ringkasan rumus, contoh-contoh soal, dan aplikasi komputer dalam tiap bab.

Buku ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan disesuaikan dengan konteks Indonesia.
  • menyajikan materi statistika secara sistematis dan logis, mulai dari pengantar, pengolahan data, ukuran pemusatan, ukuran penyebaran, korelasi, regresi, angka indeks, sampai dengan uji hipotesis.
  • memberikan banyak ilustrasi dan gambar yang menarik dan informatif untuk memperjelas materi statistika.
  • menyertakan banyak latihan soal dan jawaban yang dapat membantu pembaca untuk menguji pemahaman mereka tentang statistika.
  • menyediakan aplikasi komputer yang dapat membantu pembaca untuk melakukan perhitungan statistika dengan lebih cepat dan akurat. Buku ini menggunakan program SPSS, Excel, dan Minitab sebagai alat bantu komputer.

Buku Statistik Teori dan Aplikasi adalah buku yang sangat bermanfaat dan rekomendasi bagi para mahasiswa, dosen, peneliti, dan praktisi yang ingin mempelajari atau mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam statistika. Buku ini dapat dijadikan sebagai buku teks, buku referensi, atau buku panduan dalam belajar statistika. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi dan motivasi bagi pembaca untuk mengaplikasikan statistika dalam kehidupan nyata.

Baca buku ini dengan mengklik tautan berikut ini:
Statistik Teori dan Aplikasi 

Sumber:

  • books.google.com
  • library.fis.uny.ac.id
  • belbuk.com
  • ib.ui.ac.id

Ulasan buku ini dibuat oleh Bing Chat dengan editing (7 Desember 2023).

Sumber : Murad Maulana

Tags : Buku

Komentar


Daftar Komentar


- 0 -