Megawati Soekarnoputri. /Tangkapan layar YouTube Pemprov Bali



PIKIRAN RAKYAT - Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi (BRIN) Megawati Soekarnoputri mengklaim bahwa Indonesia mampu mengembangkan reaktor nuklir. Oleh sebabnya, Megawati Soekarnoputri mendorong BRIN kembali mengembangkan reaktor nuklir di Indonesia.

Ia menjelaskan bahkan Presiden Soekarno sudah terpikir untuk membuat reaktor nuklir.

"Bung Karno saja sudah berpikir untuk kita punya reaktor nuklir. Saya sangat ingat, adanya itu di Bandung, namanya Triga Mark," kata Megawati dalam Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) BRIN dan TVRI di Gedung TVRI, Jakarta Pusat, Senin 12 Juni 2023.

Megawati mengatakan belum telat bagi BRIN untuk kembali mengembangkan riset soal nuklir dengan memanfaatkan Triga 2000.

Tak hanya itu, Megawati juga mengatakan bahwa Indonesia bisa menyusul negara-negara pengembang nuklir, contohnya Korea Utara (Korut).

"Jadi sebenarnya kalau kita bisa mengembangkannya kembali menurut saya tidak telat. Kita bisa menyusul mereka yang telah mempunyainya,” ujarnya.

Megawati lantas mempertanyakan penyebab Indonesia dengan sumber daya manusia (SDM) yang ada tidak melakukan hal serupa dengan Korut.

"Saya sering berpikir, kenapa sebuah negara yang sekarang masih, negara begitu Korea Utara itu bisa sampai bisa punya nuklir, artinya itu kenapa? (karena kualitas) manusianya,” ucap dia.

Presiden ke-5 Indonesia itu menjelaskan bahwa Indonesia mampu mengembangkan inovasi dan riset di sektor reaktor nuklir jika ada perencanan.***

 

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Pikiran-rakyat.com / 13 Juni 2023, 06:59 WIB

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-016772940/megawati-soekarnoputri-klaim-indonesia-mampu-kembangkan-reaktor-nuklir-korea-utara-aja-bisa?page=2

Sumber : Pikiran Rakyat

Tags : Reaktor Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -