Ilustrasi kecoa. Foto: Getty Images/iStockphoto/gan chaonan



Selasa, 11 Jun 2024 10:52 WIB

Detik Denpasar - Kecoa merupakan salah satu hewan yang banyak membuat orang merasa jijik. Kecoa kerap dijumpai di lingkungan yang jorok dan kotor. Namun, di balik penampilannya yang tidak menarik dan reputasinya sebagai penghuni tempat-tempat kotor, kecoa ternyata menyimpan sejumlah fakta menarik yang jarang diketahui.

Meskipun tubuhnya kecil, kekuatan dan ketahanan kecoa ternyata jauh lebih hebat daripada yang kita bayangkan. Kecoa memiliki kemampuan bertahan hidup yang luar biasa dan mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi ekstrem. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik kecoa yang dilansir dari berbagai sumber.

Fakta Menarik Kecoa

1. Bisa Hidup Tanpa Kepala Fakta menarik pertama dari hewan kecoa adalah bisa hidup tanpa kepala. Kecoa ternyata bisa hidup tanpa organ penting ini selama seminggu. Kecoa menggunakan lubang kecil yang ada di tubuh mereka untuk menghirup oksigen.  

2. Termasuk Kategori Hewan Tertua yang Masih Hidup Kecoa ternyata sudah ada sejak 300-350 juta tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan oleh para peneliti sains yang berhasil mengidentifikasi sejumlah bukti adanya fosil kecoa yang hidup di tahun itu.

3. Hewan Pintar Walaupun kecoa hidup di lingkungan yang kotor dan kumuh, ternyata kecoa merupakan hewan yang pintar. Kecerdasan kecoa bahkan diyakini melebihi hewan mamalia, seperti tikus. Kecoa memiliki ingatan yang tajam dan bisa mempelajari sesuatu yang rumit.

4. Pemakan Segalanya Kecoa merupakan hewan yang akan memakan apapun untuk bertahan hidup. Mereka bisa memakan kotorannya sendiri, bangkai kecoa lainnya, bahkan bisa memakan kecoa lainnya yang masih hidup. Selain itu, kecoa juga bisa memakan rambut atau kuku manusia.  

5. Bisa Selamat dari Ledakan Nuklir Kecoa merupakan salah satu hewan yang bisa selamat dari efek radiasi ledakan nuklir. Kemampuan kecoa dalam beradaptasi dengan segala kondisi lingkungan membuat mereka menjadi hewan yang tangguh.  

6. Bisa Berlari Sangat Cepat Ternyata kecoa memiliki kemampuan berlari hingga tiga mil dalam satu jam. Kemampuan ini tentu saja memudahkan mereka untuk lari dari predator di alam liar. Namun, kemampuan berlari ini juga bisa menyebarkan kuman dan bakteri di tempat tinggal manusia.

7. Bertahan Hidup Tanpa Makanan Kecoa bisa bertahan hidup tanpa makanan selama kurang lebih satu bulan. Hal ini disebabkan karena kecoa termasuk serangga yang berdarah dingin. Akan tetapi, serangga ini tetap membutuhkan air untuk bertahan hidup. Oleh karena itu kecoa sering dijumpai di tempat-tempat yang lembab.  

8. Kecoa Bisa Menahan Nafas Selama 40 Menit Fakta berikutnya adalah kecoa bisa menahan nafas selama 40 menit dan bertahan hidup di bawah air hingga 30 menit. Hal ini dikarenakan mereka bisa mengangkut uap air atau oksigen yang keluar dari tubuh mereka.  

9. Memiliki Kepribadian Dalam sebuah penelitian tentang kepribadian kecoa di Free University of Brussels, para peneliti menemukan bahwa setiap kecoa memiliki kepribadian yang berbeda. Ada kecoa yang malu, berani, bahkan diantara keduanya.

10. Bisa Memicu Asma Fakta terakhir tentang kecoa yaitu ternyata kecoa dapat memicu asma. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menjaga kebersihan rumah agar meminimalisir adanya keberadaan hama yang satu ini.

Penulis: Rio Raga Sakti - detikBali

Sumber : https://www.detik.com/bali/berita/d-7384872/10-fakta-menarik-kecoa-benarkah-bisa-selamat-dari-ledakan-nuklir

Tags : Radiasi Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -