Perdana Menteri (PM) Jepang, Fumio Kishida. /Reuters/David 'Dee' Delgado



PIKIRAN RAKYAT - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida tiba-tiba menyatakan siap bertemu dengan pimpinan Korea Utara Kim Jong-un. Hal tersebut diucapkan Kishida sebagai upaya mencapai dunia tanpa senjata nuklir.

Fumio Kishida juga mengatakan siap bertemu dengan Kim Jong-un kapan saja untuk menyelesaikan semua masalah dengan Korea Utara, termasuk serangkaian uji rudal yang dilakukan Korut dan penculikan warga Jepang di masa lalu.

"Saya ingin bertemu Kim Jong-un kapan pun tanpa syarat," kata Kishida di hadapan Majelis Umum PBB di New York.

Ia menambahkan, Jepang ingin memulihkan hubungan dengan Korea Utara dan berharap pertemuannya dengan Kim Jong-un segera terlaksana dalam waktu dekat.

Sebagai orang yang lahir di Hiroshima, Kishida mengatakan bahwa pelucutan senjata nuklir adalah misi seumur hidupnya.

Ia juga kerap menyerukan kepada negara-negara bersenjata nuklir agar meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses perlucutan senjata nuklir, Jepang menyatakan komitmennya dengan menyumbangkan sebesar 3 miliar yen (setara dengan sekitar Rp311,5 miliar) 'demi menciptakan dunia tanpa senjata nuklir.'

Dalam pidato pentingnya di hadapan komunitas internasional, Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, mengutarakan tekad kuat untuk mempromosikan perdamaian dan kerjasama global. Kishida menegaskan bahwa terdapat "keinginan putus asa untuk perdamaian" dan menekankan pentingnya berusaha bersama-sama untuk mencapai dunia yang dipenuhi perdamaian dan kerjasama, bukan perpecahan.

Kishida juga memperjuangkan multilateralisme yang kuat dan efektif, dengan menggarisbawahi perlunya menciptakan "dunia yang peduli terhadap martabat manusia, di mana manusia dapat hidup dalam keselamatan dan keamanan." Dia merasa bahwa dalam situasi dunia yang semakin terpecah-belah, diperlukan "bahasa yang sama" di antara negara-negara untuk mencapai tujuan bersama.

Dalam konteks kontribusi terhadap isu global lainnya, Kishida memperingatkan tentang pentingnya menghindari krisis pangan dan menyerukan kerja sama internasional yang berpusat pada konsep keamanan manusia. Dia juga menyoroti pentingnya upaya bersama untuk mencapai emisi karbon nol bersih, dengan penekanan khusus pada peran penting negara-negara Asia dalam hal ini.

Tidak hanya itu, Kishida mengajak dunia untuk bersiap menghadapi penyakit menular di masa depan, dengan mengambil pelajaran berharga dari pandemi COVID-19. Terakhir, ia mengumumkan komitmen Jepang untuk terus berupaya mengubah PBB demi tercapainya tujuan-tujuan global yang lebih baik.***

 

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Anadolu

Pikiran-rakyat.com // 20 September 2023, 17:33 WIB

Link: https://www.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-017147237/pm-jepang-tiba-tiba-nyatakan-siap-bertemu-dengan-kim-jong-un-ada-apa?page=2

Sumber : Pikiran-rakyat

Tags : Perundingan Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -