Pemimpin besar Iran, Ayatullah Ali Khamenei. (AFP/BEHROUZ MEHRI)



CNN Indonesia
Senin, 12 Jun 2023 02:02 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin besar Iran, Ayatullah Ali Khamenei mengatakan tak ada yang salah dengan kesepakatan nuklir dengan barat.
Itu, kata dia, dengan syarat jika infrastruktur nuklir negara itu tetap utuh di tengah kebuntuan antara Iran dan Amerika Serikat (AS) untuk menghidupkan kembali pakta nuklir 2015.

Sebagai informasi, berbulan-bulan pembicaraan terkait kesepakatan nuklir Iran dan Amerika Serikat masih belum berujung sejak September lalu. Kedua belah pihak saling menuduh membuat tuntutan yang tidak masuk akal.

"Tidak ada yang salah dengan kesepakatan (dengan Barat), tapi infrastruktur industri nuklir kita tidak boleh disentuh," kata Khamenei seperti dikutip dari Reuters, Minggu (11/6).

Pernyataan Khamenei itu muncul beberapa hari setelah Teheran maupun Washington sama-sama membantah laporan yang menyebut mereka mendekati kesepakatan, di mana Iran disebut akan bersedia mengekang program nuklir dengan imbalan keringanan sanksi.

Khamenei yang memiliki suara final untuk keputusan negara Iran mengatakan otoritas nuklir itu harus tetap bekerja sama dengan pengawas nuklir PBB (IAEA). Ia menegaskan undang-undang terkait yang telah disahkan parlemen Iran pada 2020 silam harus dihormati IAEA.

"Ini adalah hukum yang baik... yang harus dihormati dan tidak dilanggar dalam memberikan akses dan informasi (kepada IAEA)," kata Khamenei.

Terpisah, juru bicara Kementerian Luar Negeri AS menolak mengomentari secara spesifik pernyataan Khamenei tersebut. 

Ia hanya menegaskan kembali sikap pemerintahan Joe Biden bahwa AS, "Berkomitmen untuk tidak pernah mengizinkan Iran memperoleh senjata nuklir."

"Kami percaya diplomasi adalah cara terbaik untuk mencapai tujuan itu dengan dasar yang dapat diverifikasi dan tahan lama, tetapi Presiden juga telah menjelaskan kami belum menghapus opsi apa pun dari meja," sambungnya.

Sebagai informasi, perjanjian 2015 membatasi aktivitas pengayaan uranium Iran untuk menghambat Iran mengembangkan senjata nuklir sebagai imbalan pencabutan sanksi internasional.

(Reuters/kid)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20230612012248-120-960479/khamenei-kesepakatan-nuklir-sama-barat-jangan-ganggu-kepentingan-iran

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Perundingan Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -