Foto yang diambil pada tanggal 10 September 2023 dan dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) pada tanggal 12 September 2023. (KCNA VIA KNS/AFP)



Penulis Tito Hilmawan Reditya | Editor Tito Hilmawan Reditya

Kompas.com - 12/09/2023, 14:23 WIB

 

SEOUL, KOMPAS.com - Para komandan militer tertinggi, pejabat industri persenjataan, dan diplomat menemani pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam perjalanannya ke Rusia, yang mengisyaratkan adanya kemungkinan agenda pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin.  

Korea Utara tidak menyebutkan nama-nama anggota delegasi tersebut, namun para analis mengidentifikasi beberapa tokoh kunci yang tampak mendampingi Kim dalam foto-foto yang dirilis oleh media pemerintah pada Selasa (12/9/2023).  

Ri Pyong Chol, wakil ketua Komisi Militer Pusat Partai Pekerja yang berkuasa dan panglima angkatan darat, pangkat tertinggi militer di negara itu, kemungkinan menemani Kim.

Mengawasi industri pertahanan Korea Utara termasuk program nuklir dan rudal, Ri sempat melakukan perjalanan ke Rusia dengan mendiang ayah Kim, Kim Jong Il, pada tahun 2011.  

Dilansir dari Reuters, delegasi lainnya adalah Marsekal Pak Jong Chon, kepala baru kepemimpinan politik militer partai; Pak Thae Song, sekretaris partai dan ketua komite ilmu pengetahuan dan teknologi ruang angkasa nasional yang terlibat dalam program satelit mata-mata; dan Jo Chun Ryong, direktur Departemen Industri Amunisi, yang membantu Kim dalam kunjungannya baru-baru ini ke pabrik amunisi dan pabrik rudal.  

Michael Madden, seorang ahli kepemimpinan Korea Utara di Stimson Center yang berbasis di Washington, mengatakan bahwa para peserta menunjukkan bahwa Kim dan Putin akan fokus pada kerja sama pertahanan dan keamanan, termasuk kemungkinan kesepakatan untuk pembelian amunisi yang dipimpin Jo.  

Menteri Pertahanan Kang Sun Nam juga kemungkinan besar ikut dalam perjalanan ke Rusia, kata Madden, meskipun wajahnya tidak teridentifikasi dengan jelas dalam foto-foto tersebut.  

Menteri Luar Negeri Choe Son Hui juga tampak berjabat tangan dengan para pejabat lainnya di barisan penerima tamu di stasiun kereta.  

Sebagai negosiator nuklir yang sudah lama berkecimpung dalam bidang ini dan diplomat berpengalaman, Choe berperan penting dalam pertemuan puncak Kim dengan mantan Presiden AS Donald Trump, dan dipromosikan ke posisinya saat ini tahun lalu setelah mengalami penurunan pangkat setelah KTT mereka yang gagal pada tahun 2019 di Vietnam.

Adik perempuan Kim yang berkuasa dan seorang pejabat senior partai, Kim Yo Jong, terlihat berdiri di samping kereta, meskipun tidak jelas apakah ia ikut naik.  

Dia telah memainkan peran penting dalam mendukung pertemuan puncak kakaknya di masa lalu.  

Beberapa pejabat yang menangani urusan ekonomi tampak mendampingi Kim, sehingga meningkatkan kemungkinan bahwa ia dan Putin mungkin akan membahas kerja sama ekonomi dan bantuan pangan.

Mereka termasuk O Su Yong, sekretaris partai dan direktur departemen ekonomi; Pak Hun, wakil perdana menteri kabinet yang bertanggung jawab atas konstruksi; dan Han Kwang Sang, kepala departemen industri ringan partai.

Seorang pejabat di Kementerian Unifikasi Seoul yang bertanggung jawab atas urusan antar-Korea mengatakan bahwa Kim dan Putin dapat mencari cara untuk mengembalikan para pekerja Korea Utara ke Rusia, yang dilarang berdasarkan sanksi Dewan Keamanan PBB.

 

Sumber Reuters

Link: https://www.kompas.com/global/read/2023/09/12/142357170/siapa-yang-menemani-kim-jong-un-dalam-perjalanan-ke-rusia

Sumber : Kompas

Tags : Perundingan Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -