Ilustasi. Pengukuran kadar radiasi hasil laut dari perairan Fukushima, Jepang. Foto: REUTERS/KIM HONG-JI



CNN Indonesia
Jumat, 07 Jul 2023 21:21 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Otoritas Bea Cukai China melarang impor makanan dari 10 prefektur Jepang, imbas rencana Tokyo untuk membuang air limbah nuklir Fukushima ke laut.
Pembuangan air limbah radioaktif yang direncanakan Jepang selama puluhan tahun dari fasilitas nuklir Fukushima, telah disetujui oleh Badan Tenaga Atom Internasional/IAEA) karena telah memenuhi standar global.

Pembuangan limbah yang rencananya akan dilakukan musim ini ditentang oleh beberapa negara tetangga Jepang.

Beijing secara vokal mengutuk rencana tersebut, lantaran ada keluhan dari komunitas nelayan yang khawatir limbah nuklir akan berdampak pada hasil tangkapan laut.

Kementerian Luar Negeri China pekan ini mengatakan bahwa persetujuan dari IAEA tidak dapat digunakan sebagai "lampu hijau" untuk pembuangan limbah nuklir.

Beijing juga memperingatkan risiko yang tidak diketahui terhadap kesehatan manusia.

Imbasnya, China melarang impor bahan makanan dari 10 prefektur Jepang termasuk Fukushima, karena khawatir atas masalah keamanan. Beijing juga akan melakukan tes radiasi ketat terhadap impor makanan dari seluruh Jepang.

"Bea Cukai China akan mempertahankan tingkat kewaspadaan yang tinggi," demikian pernyataan otortitas berwenang China, seperti dikutip AFP.

China juga menuding Jepang masih punya banyak masalah dalam hal pembuangan laut, kendala peralatan pemurnian, hingga kelengkapan rencana pemantauan.

Sekitar 1,33 juta meter kubik air tanah, air hujan dan air yang digunakan untuk pendinginan, kini "terjebak" di bekas situs nuklir Fukushima.

Situs itu sendiri telah dinonaktifkan, setelah beberapa reaktornya rusak diterjang tsunami tahun 2011 lalu.

Sebelum pembuangan ke laut, operator pabrik TEPCO mengklaim sudah mengolah air melalui sistem pemrosesan ALPS, untuk menghilangkan hampir semua unsur radioaktif kecuali tritium.

(dna)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20230707130600-113-970672/china-setop-impor-beberapa-produk-jepang-imbas-limbah-nuklir-fukushima

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Limbah Radioaktif

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -