Sistem penghilangan multi-nuklida dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi milik Tokyo Electric Power Company (TEPCO) di Okuma, Prefektur Fukushima, Jepang, 20 Januari 2023. Ini adalah kombinasi dari air tanah, air hujan yang merembe



Hariz Barak
Diperbarui 08 Jul 2023, 20:34 WIB

Liputan6.com, Beijing - China mengatakan akan mempertahankan larangan impor pada beberapa makanan Jepang, mengutip rencana Tokyo untuk membuang air limbah pembangkit nuklir Fukushima ke laut sebagai alasan.

Administrasi bea cukai China mengatakan juga akan menerapkan tes radiasi pada makanan dari bagian lain negara itu, demikian seperti dikutip dari BBC (8/7/2023).

Korea Selatan mempertahankan larangan serupa, terutama produk yang berasal dari Fukushima. Tapi, Seoul akan memberlakukan pembebasan pada sejumlah produk yang memenuhi standar internasional.

Komunitas nelayan lokal di Jepang telah menyatakan keprihatinan mereka tentang rencana tersebut dan dampaknya terhadap mata pencaharian mereka.

Rencana Jepang melepaskan air limbah pembangkit nuklir Fukushima --yang mengalami kerusakan akibat gempa dan tsunami 2011-- telah menghadapi kritik regional, dengan China yang paling lantang.

China telah mengkritik keras rencana itu – menuduh Jepang memperlakukan laut seperti "saluran pembuangan pribadi."

"Bea Cukai China akan mempertahankan tingkat kewaspadaan yang tinggi," kata otoritas bea cukai China.

Beijing juga memperingatkan pengawas nuklir PBB, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) agar tidak mendukung rencana Jepang.

Pada tahun 2011, tsunami yang dipicu oleh gempa berkekuatan 9,0 membanjiri tiga reaktor Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi. Ini dianggap sebagai bencana nuklir terburuk di dunia sejak Chernobyl.

Lebih dari 150.000 orang dievakuasi dari zona eksklusi di sekitar pabrik. Penonaktifan pabrik juga telah dimulai, tetapi prosesnya bisa memakan waktu puluhan tahun.

Sementara itu air setara dengan sekitar 500 kolam renang berukuran Olimpiade telah terkumpul di fasilitas nuklir, menurut kantor berita Reuters.


PBB Setujui Rencana Jepang Buang Limbah Nuklir Fukushima ke Laut

Kenichi Takahara, komunikator risiko dari perusahaan teknik dekontaminasi dan dekomisioning Fukushima Daiichi, mengunjungi sistem penghilangan multi-nuklida di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi milik Tokyo Electric Power Company (TEPCO) di Okuma, Prefektur Fukushima, Jepang, 20 Januari 2023. Situs ini menghasilkan 100.000 liter (3.500 kaki kubik) air yang terkontaminasi setiap hari. (Philip FONG/AFP)

Kenichi Takahara, komunikator risiko dari perusahaan teknik dekontaminasi dan dekomisioning Fukushima Daiichi, mengunjungi sistem penghilangan multi-nuklida di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi milik Tokyo Electric Power Company (TEPCO) di Okuma, Prefektur Fukushima, Jepang, 20 Januari 2023. Situs ini menghasilkan 100.000 liter (3.500 kaki kubik) air yang terkontaminasi setiap hari. (Philip FONG/AFP)
Badan pengawas nuklir PBB (IAEA) mengatakan bahwa rencana Jepang untuk membuang limbah nuklir Fukushima ke laut telah memenuhi standar internasional. IAEA menggarisbawahi bahwa dampak dari langkah Jepang itu terhadap lingkungan sangat kecil sehingga dapat diabaikan.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima telah kehabisan ruang penyimpanan air, yang digunakan untuk mendinginkan reaktor nuklir.

Kepala IAEA Rafael Grossi merilis temuan tinjauan keamanan dua tahun pada Selasa (4/7/2023), menggambarkannya sebagai laporan ilmiah dan tidak memihak. Dia juga berjanji untuk terus terlibat dengan Jepang setelah air habis. Demikian seperti dilansir BBC, Rabu (5/7).

Pada Mei, IAEA mengatakan bahwa operator PLTN Fukushima, Tokyo Electric Power (TEPCO), telah menunjukkan kemampuannya untuk membuat pengukuran yang akurat dan tepat dari jumlah radiasi yang ada dalam air yang diolah.

PLTN Fukushima menghasilkan 100 meter kubik limbah cair setiap hari. Adapun tangki di sana hanya dapat menampung 1,3 juta meter kubik.

Sebagian besar unsur radioaktif dilaporkan telah disaring dari air, kecuali bentuk radioaktif dari hidrogen dan karbon - masing-masing disebut tritium dan karbon 14. Kedua isotop tersebut sulit dipisahkan dari air.

Sumber: https://www.liputan6.com/global/read/5339526/china-perpanjang-larangan-impor-produk-makanan-jepang-cemas-tercemar-limbah-nuklir-fukushima

Sumber : Liputan6

Tags : Limbah Radioaktif

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -