Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok, Sun Weidong memanggil Duta Besar Jepang untuk Tiongkok, Hideo Tarumi. (FMPRC)



JawaPos.com - Pemerintah Tiongkok memanggil Duta Besar Jepang, Hideo Tarumi, setelah Jepang menyatakan akan mulai membuang limbah nuklir dari pembangkit listrik Fukushima ke Samudera Pasifik pekan ini.

"Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok, Sun Weidong memanggil Duta Besar Jepang untuk Tiongkok, Hideo Tarumi, untuk memberikan pernyataan serius mengenai pengumuman pemerintah Jepang yang akan memulai pembuangan air Fukushima yang terkontaminasi nuklir ke laut," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Tiongkok dikutip dari Bloomberg pada Rabu (23/8).

Tiongkok sudah lebih dulu melarang impor makanan laut dari 10 prefektur Jepang, termasuk Tokyo dan Fukushima. Impor makanan laut hanya boleh jika lulus tes radioaktif dan punya bukti bahwa diproduksi di luar 10 prefektur yang dilarang.

Jepang dikabarkan akan mulai membuang limbah nuklir di Fukushima pada Kamis (24/8), usai mengantongi izin dan berdiskusi dengan berbagai pihak.

"Kami telah meminta Tokyo Electric Power Company (TEPCO) untuk segera mempersiapkan dimulainya pelepasan muatan laut berdasarkan rencana yang disetujui oleh Otoritas Peraturan Nuklir dengan pelepasan diperkirakan pada 24 Agustus jika cuaca dan kondisi laut tidak menghalangi," kata Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dikutip dari Barrons.

Pemerintah Jepang melaporkan pelepasan limbah ini dilanjutkan sesuai rencana, meski telah ditentang keras oleh negara tetangga seperti Tiongkok dan Korea Selatan, karena kekhawatiran terhadap kerusakan lingkungan.

Namun, Jepang menyatakan bakal mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa pembuangan air limbah ini tetap berjalan dengan aman.

Sementara itu, Asosiasi Energi Atom Internasional (IAEA) sejauh ini telah menyetujui pelepasan limbah oleh Jepang. Lembaga tersebut menilai limbah dengan kandungan tritium itu tidak menyebakan dampak kerusakan signifikan terhadap lingkungan karena sebelum dibuang telah memenuhi standar internasional terlebih dahulu.

 

Editor: Edy Pramana, Penulis: Firmanda Dwi Septiawan

Jawapos.com / Kamis, 24 Agustus 2023 | 11:05 WIB

Sumber: https://www.jawapos.com/internasional/012801694/terkait-limbah-nuklir-bakal-dibuang-ke-laut-tiongkok-bereaksi-panggil-duta-besar-jepang

Sumber : Jawapos

Tags : Limbah Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -