Ilustrasi /Foto: iStock



19 Mei 2024, 21:33 WIB

Pikiran-rakyat.com // BOLTIM NEWS - Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jake Sullivan, akan mengunjungi Arab Saudi akhir pekan ini untuk melakukan pembicaraan yang diperkirakan akan membahas perjanjian kerja sama nuklir sipil, salah satu bagian dari perjanjian yang lebih luas yang diharapkan Washington akan mengarah pada normalisasi hubungan Israel-Saudi.  

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai isu-isu utama yang terlibat dalam perjanjian nuklir sipil AS-Saudi, apa saja risiko dan manfaat yang dapat ditawarkan oleh perjanjian tersebut kepada Amerika Serikat dan Arab Saudi, dan bagaimana hal tersebut sesuai dengan upaya AS untuk menengahi rekonsiliasi Israel-Saudi.  

APA ITU PERJANJIAN KERJASAMA NUKLIR?  

Berdasarkan Pasal 123 Undang-Undang Energi Atom AS tahun 1954, Amerika Serikat dapat merundingkan perjanjian untuk terlibat dalam kerja sama nuklir sipil yang signifikan dengan negara lain.  

Perjanjian ini menetapkan sembilan kriteria non-proliferasi yang harus dipenuhi oleh negara-negara tersebut agar negara-negara tersebut tidak menggunakan teknologi tersebut untuk mengembangkan senjata nuklir atau mentransfer bahan-bahan sensitif kepada negara lain.  

Undang-undang tersebut mengatur peninjauan kongres terhadap perjanjian tersebut.  

MENGAPA ARAB SAUDI MENGINGINKAN PERJANJIAN KERJASAMA NUKLIR AS?  

Sebagai eksportir minyak terbesar di dunia, Arab Saudi pada pandangan pertama bukanlah kandidat yang jelas untuk perjanjian nuklir yang biasanya bertujuan membangun pembangkit listrik untuk menghasilkan listrik.  

Ada dua alasan mengapa Riyadh ingin melakukan hal tersebut. Yang pertama adalah bahwa berdasarkan rencana reformasi Visi 2030 yang ambisius dari Putra Mahkota, Mohammed bin Salman, kerajaan tersebut bertujuan untuk menghasilkan energi terbarukan dalam jumlah besar dan mengurangi emisi. Setidaknya sebagian dari hal ini diperkirakan berasal dari energi nuklir.  

Para pengkritik menyebutkan kemungkinan alasan kedua: bahwa Riyadh mungkin ingin mengembangkan keahlian nuklir jika suatu hari nanti ingin memperoleh senjata nuklir meskipun ada perlindungan yang diabadikan dalam perjanjian dengan Washington untuk mencegah hal ini.  

Putra mahkota Saudi telah lama mengatakan bahwa jika Iran mengembangkan senjata nuklir, Arab Saudi akan mengikutinya, sebuah sikap yang memicu kekhawatiran mendalam di kalangan pendukung pengendalian senjata dan beberapa anggota parlemen AS mengenai kemungkinan kesepakatan nuklir sipil AS-Saudi.  

Kerajaan Muslim Sunni dan Iran yang revolusioner Syiah telah berselisih selama beberapa dekade.  

BAGAIMANA AMERIKA SERIKAT MENDAPATKAN MANFAAT DARI KESEPAKATAN NUKLIR SIPIL DENGAN ARAB SAUDI?  

Mungkin ada keuntungan strategis dan komersial. Pemerintahan Biden tidak merahasiakan harapannya untuk menjadi perantara perjanjian multi-bagian yang akan mengarahkan Arab Saudi dan Israel untuk menormalisasi hubungan. Mereka yakin dukungan Saudi terhadap normalisasi mungkin sebagian bergantung pada tercapainya kesepakatan nuklir sipil.  

Manfaat strategisnya adalah untuk meningkatkan keamanan Israel, membangun koalisi yang lebih luas melawan Iran dan memperkuat hubungan AS dengan salah satu negara Arab terkaya pada saat Tiongkok berupaya memperluas pengaruhnya di Teluk.  

Manfaat komersialnya adalah menempatkan industri AS pada posisi utama untuk memenangkan kontrak pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir Saudi, karena perusahaan atom AS bersaing dengan Rusia, Tiongkok, dan negara-negara lain dalam bisnis global.  

APA Hambatan dalam Kesepakatan Nuklir Sipil AS-SAUDI?  

Kesepakatan nuklir sipil dianggap sebagai bagian dari pengaturan yang lebih luas mengenai normalisasi Israel-Saudi, sesuatu yang tidak terbayangkan ketika perang Gaza berkecamuk.  

Israel menginvasi Jalur Gaza setelah orang-orang bersenjata pimpinan Hamas pada 7 Oktober menyerang komunitas Israel selatan, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera 253 orang, menurut data Israel.  

Jumlah korban tewas di Gaza, menurut para pejabat kesehatan di wilayah pesisir yang dikuasai Hamas, telah meningkat menjadi lebih dari 35.000 orang dan malnutrisi tersebar luas.  Sulit membayangkan Saudi bersedia menormalisasi hubungan sementara warga Palestina menderita banyak korban jiwa.  

APA PAKTA YANG LEBIH LUAS YANG DAPAT DIPERHATIKAN DALAM KEJADIAN NUKLIR?  

Amerika Serikat berharap menemukan cara untuk memberikan beberapa hal yang diinginkan Arab Saudi, yakni pakta nuklir sipil, jaminan keamanan, dan jalan menuju negara Palestina, sebagai imbalan atas persetujuan Riyadh untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.  

Awal bulan ini, tujuh orang yang mengetahui masalah ini mengatakan bahwa pemerintahan Biden dan Arab Saudi sedang menyelesaikan perjanjian jaminan keamanan AS dan bantuan nuklir sipil ke Riyadh.  Namun, normalisasi Israel-Saudi yang lebih luas yang dibayangkan sebagai bagian dari “tawar-menawar besar” di Timur Tengah masih sulit dipahami.  

APA BEBERAPA ISU UTAMA YANG HARUS DISELESAIKAN DALAM KEJADIAN NUKLIR SAUDI-AS?  

Persoalan utamanya adalah apakah Washington akan setuju untuk membangun fasilitas pengayaan uranium di wilayah Saudi, kapan mereka akan melakukannya, dan apakah personel Saudi mungkin memiliki akses ke fasilitas tersebut atau fasilitas tersebut akan dijalankan hanya oleh staf AS dalam pengaturan “kotak hitam”.  

Tanpa perlindungan yang ketat dalam perjanjian, Arab Saudi, yang memiliki bijih uranium, secara teoritis dapat menggunakan fasilitas pengayaan untuk memproduksi uranium yang sangat diperkaya, yang jika dimurnikan dengan cukup, dapat menghasilkan bahan fisil untuk bom.  

Masalah lainnya adalah apakah Riyadh akan setuju untuk melakukan investasi Saudi di pabrik pengayaan uranium yang berbasis di AS dan milik AS serta mempekerjakan perusahaan-perusahaan AS untuk membangun reaktor nuklir Saudi.***

Sumber : https://boltim.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-3088107089/kesepakatan-nuklir-as-saudi-bagaimana-cara-kerjanya?page=all

Tags : Perundingan Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -