Salah satu mobil bertenaga nuklir, Ford Nucleon yang sempat dikembangkan tapi tak pernah diproduksi massal. (Foto: Deutsches Technikmuseum Berlin via Wikimedia Commons CC-BY-SA-3.0)



CNN Indonesia
Rabu, 31 Mei 2023 15:55 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Pengembangan teknologi mobil semakin beragam. Saat ini sudah ada banyak berseliweran mobil bertenaga listrik yang tidak lagi membutuhkan bensin sebagai sumber penggerak mesin.
Di sisi lain, ternyata ada juga mobil yang dikembangkan menggunakan tenaga nuklir. Penggunaan nuklir untuk kebutuhan industri otomotif ini bahkan sudah dimulai sejak puluhan tahun silam, meski hingga kini tak satu pun masuk ke tahap lebih serius yaitu produksi massal.

Catatan Autoevolution, pemanfaatan nuklir pada mobil ini telah dimulai sejak medio 1950an. Berikut daftar mobil bertenaga nuklir yang pernah ada.

Ford Nucleon
Ford pada 1950-an telah mengembangkan konsep mobil bernama Ford Nucleon. Mobil ini didesain berdasarkan asumsi jika reaktor nuklir pada masa depan akan berukuran lebih kecil, aman, ringan, dan portabel.

Desain kapsul bahan bakar nuklir yang dikembangkan Ford terletak di bagian belakang mobil konsep itu dan bekerja seperti kapal selam nuklir USS Nautilus.

Dalam beberapa presentasi konsep mobilnya dapat menempuh jarak 8.000 kilometer dengan tenaga nuklir.

Nucleon juga disebut tidak perlu melakukan isi ulang bahan bakar. Cukup ganti reaktor lama dengan yang baru.

Namun hingga kini Ford baru membawa mobil itu ke tahap pengembangan, dengan model skala 3:8. Miniatur Nucleon juga kini dapat dilihat di Museum Henry Ford, Dearborn, Michigan.

Arbel Symetric
Produsen mobil bernama Compagnie Normande d'Etudes pour l'Application de Procédés Mécaniques atau disapa Arbel sempat memamerkan mobil bertenaga nuklir pada tahun 1950-an di Prancis.

Perusahaan tersebut memang bertugas menciptakan kendaraan-kendaraan konsep untuk diuji coba sebelum diproduksi.
Salah satu kendaraan bertenaga nuklir cukup populer adalah Arbel Symetric.

Dijuluki Symetric karena mobil ini mengandalkan generator panas nuklir bertenaga 40 kW (53 tenaga kuda) yang disebut genestatom yang dipadupadankan dengan motor listrik.

Generasi pertama mobil ini diproduksi terbatas pada tahun 1951. Model terbarunya sempat menarik perhatian pengunjung pameran otomotif Geneva Motor Show pada tahun 1958.

Setelah itu perusahaan berhenti memproduksi mobil nuklir karena terganjal regulasi Prancis.

Simca Fulgur
Masih di era tahun 1950-an, perusahaan Simca ikut ambil peran dalam mengembangkan mobil bertenaga nuklir lewat Simca Fuglur.

Simca merupakan perusahaan yang didirikan oleh Fiat pada tahun 1934. Saat itu, perusahaan ingin menunjukkan bagaimana kerja kendaraan-kendaraan pada tahun 2000-an.

Fulgur dijelaskan menyimpan teknologi mobil bergerak otomatis (mobil otonom). Tidak ada spesifikasi resmi dari Simca, di samping fakta jika mesinnya menggunakan tenaga nuklir.

Studebaker Packard Astral
Dari seluruh konsep mobil nuklir, Studebaker Packard Astral bisa dikatakan sebagai konsep mobil nuklir paling 'gila'. Jika direalisasikan, mobil ini bisa berdiri dengan satu ban dengan teknologi giroskop.

Studebaker pertama kali ditampilkan pada South Bend Art Centre pada tahun 1958 sebagai kendaraan yang dideskripsikan penciptanya sebagai "mesin ikonik". Untuk melindungi penumpang dari radiasi mesin nuklir, rencananya akan menggunakan penutup yang didesain dengan material khusus.

Mengingat tantangan dan krisis energi serta kondisi iklim saat ini, ide mobil bertenaga nuklir mungkin layak untuk dibangkitkan. Sebab, ketika saat mobil diproduksi dengan baik oleh para insinyur, hasilnya akan relatif aman, bersih, dan terjangkau.

Infografis Jalan Panjang Mobil Listrik (Foto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)
(ryh/dmr)

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Teknologi Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -