Ilustrasi reaktor nuklir. Foto menunjukkan para tenaga ahli nuklir Rosatom tengah mengawasi pembangunan satu proyek reaktor nuklir mereka (Antaranews)



Selasa, 18 Juni 2024 18:03 WIB

Vladivostok, Rusia (ANTARA) - Rusia siap memperluas kerja sama dengan ASEAN dalam pengembangan energi atom, termasuk pembangunan pembangkit listrik dan transfer teknologi energi nuklir untuk tujuan damai, ujar Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev pada Selasa.

Medvedev menegaskan niat perusahaan negaranya tidak hanya untuk memenuhi kewajiban pasokan hidrokarbon mereka, yang merupakan hal yang penting bagi banyak negara saat ini, tetapi juga mengelola investasi dan proyek teknologi canggih. Khususnya di bidang energi nuklir juga.

"Perusahaan Rosatom kami tertarik dalam memperluas kerja sama dengan negara-negara ASEAN baik dalam pembangunan pembangkit listrik tenaga atom dan mentransfer teknologi yang diperlukan kepada mitra,” kata politisi tersebut di meja bundar.

Menurut dia, Rusia selalu memenuhi kebutuhan mitranya, sehingga berkontribusi terhadap akses mereka terhadap sumber energi penting ini.

Pertemuan meja bundar tersebut merupakan bagian dari Forum Antar-Partai Internasional "Mayoritas Dunia untuk Dunia Multipolar" di kota Vladivostok, wilayah Rusia timur jauh.

Sumber: Sputnik-OANA

Penerjemah: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/4157430/rusia-siap-transfer-teknologi-nuklir-bertujuan-damai-ke-asean

Tags : Teknologi Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -