Presiden Putin memeriksa latihan tersebut untuk menguji serangan nuklir balasan besar-besaran, melalui tautan video dari Moskow. (Sumber Foto: SPUTNIK/Reuters )



JawaPos.com - Dalam pengawasan Presiden Vladimir PutinMiliter Rusia telah melakukan simulasi serangan nuklir beberapa jam setelah majelis tinggi parlemen memutuskan untuk membatalkan ratifikasi larangan uji coba nuklir global yang diratifikasi negara tersebut.

RUU untuk mengakhiri ratifikasi Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir Komprehensif, yang disetujui di majelis rendah pekan lalu, kini akan dikirim ke Putin untuk persetujuan akhir.

Dilansir dari The Guardian, Kamis (26/10), Putin mengatakan bahwa pencabutan ratifikasi Rusia pada tahun 2000 akan mencerminkan sikap AS, yang menandatangani namun tidak meratifikasi larangan uji coba nuklir tersebut.

Televisi pemerintah menunjukkan Putin mengarahkan latihan tersebut melalui panggilan video dengan para pejabat tinggi militer.

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, mengatakan tujuan latihan ini adalah untuk melatih menangani serangan nuklir besar-besaran dengan kekuatan ofensif strategis sebagai respons terhadap serangan nuklir musuh.

Meskipun latihan serupa diadakan setiap musim gugur, komentar tajam Shoigu muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara Rusia dan negara-negara barat terkait pertempuran di Ukraina.

Perjanjian larangan uji coba yang diadopsi pada tahun 1996, melarang semua ledakan nuklir di mana pun di dunia, namun perjanjian tersebut tidak pernah dilaksanakan sepenuhnya.

Perjanjian tersebut belum diratifikasi oleh beberapa negara yaitu Tiongkok, India, Pakistan, Korea Utara, Israel, Iran dan Mesir.

Ada kekhawatiran yang meluas bahwa Rusia akan melanjutkan uji coba nuklirnya untuk mencoba mencegah negara-negara Barat terus memberikan dukungan militer kepada Ukraina.

Putin mencatat bahwa meskipun beberapa ahli berpendapat perlunya melakukan uji coba nuklir, dia belum memberikan pendapat mengenai masalah ini.

***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Sumber: The Guardian

Aulia Ramadhani - Kamis, 26 Oktober 2023 | 16:26 WIB

Link: https://www.jawapos.com/internasional/013113343/melalui-pengawasan-presiden-negara-rusia-lakukan-simulasi-serangan-nuklir

Sumber : Jawapos

Tags : Perang Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -