Ilustrasi -- Kapal selam Rusia (dok. Getty Images/Burak Kara)



Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 24 Mei 2023 15:14 WIB

Moskow - Kapal selam bertenaga nuklir terbaru buatan Rusia akan dikerahkan ke pangkalan permanen di Semenanjung Kamchatka pada Agustus mendatang. Pengerahan itu menjadi bagian dari langkah Moskow memperkuat kehadiran militer di kawasan Pasifik.
Seperti dilaporkan kantor berita TASS dan dilansir Reuters, Rabu (24/5/2023), kapal selam yang dimaksud adalah Generalissimo Suvorov yang beroperasi sejak akhir tahun 2022 dan membawa hingga 16 rudal balistik Bulava buatan Moksow, yang pada ujungnya membawa muatan nuklir.

Masing-masing rudal jenis itu mampu membawa lebih dari satu hulu ledak nuklir.

"Kapal selam Generalissimo Suvorov akan melakukan transisi antar-angkatan laut dari Armada Utara (di Kutub Utara) menuju ke Armada Pasifik pada Agustus," demikian laporan kantor berita TASS dengan mengutip sumber yang dekat dengan departemen militer Rusia.

"Transisi itu akan dilakukan di sepanjang Rute Laut Utara, termasuk dalam posisi menyelam," imbuh laporan tersebut.

Rusia telah meningkatkan pertahanan di wilayah timur jauh yang berbatasan dengan Asia-Pasifik dan menuduh Amerika Serikat (AS) memperluas kehadiran militernya di sana hingga meningkatkan kekhawatiran keamanan di Jepang dan seluruh kawasan Pasifik.

Kapal selam Generalissimo Suvorov dimaksudkan untuk mendorong kekuatan kapal selam bertenaga nuklir pada Armada Pasifik Rusia di pangkalan kapal selam Rybachiy di Semenanjung Kamchatka.

Generalissimo Suvorov merupakan kapal selam keenam dari kelas Borei yang berukuran lebih kecil dan lebih bersifat diam-diam. Kapal selam terbaru ini akan menggantikan kapal selam rudal balistik generasi sebelumnya di Rusia.

Dilaporkan pada Januari lalu, menurut kantor berita TASS, Generalissimo Suvorov menyelesaikan pelayaran dari Severodvinsk ke pangkalan sementara Armada Utara. Biasanya, kapal selam baru yang bergabung Armada Pasifik melakukan perjalanan ke pangkalan permanen mereka melalui Rute Laut Utara pada musim panas.

Sesuai praktik sebelumnya, kapal selam Rusia itu akan didampingi satuan tugas kapal-kapal perang Armada Utara dan Armada Pasifik, sesuai zona tanggung jawab masing-masing, dalam perjalanan ke pangkalan permanennya.

(nvc/ita)

Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-6736353/kapal-selam-nuklir-terbaru-rusia-siap-dikerahkan-ke-pasifik/2

Sumber : Detik

Tags : Senjata NuklirPerang Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -