Ilustrasi nuklir. /Freepik/benzoix



PIKIRAN RAKYAT - Rusia mencurigai penjajah Israel usai salah satu menterinya berceloteh soal bom nuklir, pada 5 November 2023.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova mengatakan, pada akhirnya pernyataan yang keluar dari mulut Menteri Warisan Budaya Amihay Eliyahu mencuri perhatian dunia dan menyisakan banyak tanda tanya di benak publik.

"(Pernyataan) ini menimbulkan banyak pertanyaan," ujar Zakharova.

Dari klaim yang dilontarkan oleh Eliyahu, Zakharova menilai penjajah Israel seolah mengakui bahwa mereka sebenarnya memiliki senjata nuklir, meski tidak mengakuinya secara terang-terangan.

"Pertanyaan pertama, apakah kita sedang mendengar pernyataan resmi tentang keberadaan senjata nuklir?" ucapnya.

Di sisi lain, meski zionis tidak terbuka soal persenjataannya ke hadapan dunia, Federasi Ilmuwan Amerika memperkirakan penjajah Israel memiliki sekitar 90 hulu ledak nuklir.

Jika demikian adanya, Zakharova berharap Badan Energi Atom Internasional dan para pengawas nuklir internasional bergerak untuk mencegah terjadinya kekacauan besar-besaran.

Pernyataan Eliyahu

Menteri Warisan Budara Israel, Amichai Eliyahu mengeluarkan pernyataan gila tentang genosida di Gaza, pada Minggu, 5 November 2023.

Menteri dari Partai Sayap Kanan Otzman Yehudit itu mengatakan bahwa jatuhnya bom nuklir di Gaza adalah 'sebuah pilihan' bagi pihak penjajah untuk mengusir keberadaan Hamas maupun sipil di jalur tersebut.

"Salah satu pilihan Israel dalam perang di Gaza adalah menjatuhkan bom nuklir di Jalur Gaza,” katanya.

Menurutnya, siapa pun yang berani mengibarkan bendera Palestina atau Hamas saat ini, sudah selayaknya dilenyapkan dari muka bumi.

"Siapa pun yang mengibarkan bendera Palestina atau Hamas tidak boleh terus hidup di muka bumi.” ujarnya.

Lebih lanjut, dalam sebuah wawancara di radio, Eliyahu menyuarakan keberatannya untuk mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza.

Hal ini lantaran menurutnya tidak ada warga sipil yang tidak terlibat dalam urusan tersebut.

Bahkan dalam pernyataan yang sama, Eliyahu menyebut penduduk Palestina adalah bagian dari Nazi.

"Kami tidak akan menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada Nazi,” ujar dia.

“Tidak ada warga sipil yang tidak terlibat di Gaza,” katanya.

Oleh karena itu jika ingin selamat, Eliyahu menyuruh agar para penduduk Palestina pergi ke gurun pasir dan meneukan solusinya sendiri.

“Bisa pergi ke Irlandia atau pergi ke gurun pasir, monster di Gaza harus menemukan solusinya sendiri," tuturnya.***

 

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Pikiran-rakyat.com - 7 November 2023, 17:20 WIB

Link: https://www.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-017333113/penjajah-israel-diduga-keceplosan-punya-nuklir-rusia-apa-kita-dengar-pernyataan-resmi?page=3

Sumber : Pikiran-rakyat

Tags : Perang Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -