Tentara Belarus saat dilatih pasukan bayaran Wagner Group. (via REUTERS/VOEN TV/Belarusian Defence Minis)



CNN Indonesia
Jumat, 18 Agu 2023 15:13 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Negara sekutu Rusia, Belarus, mengancam akan menggunakan nuklir setelah semakin tegang dengan negara-negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).
Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengatakan akan menggunakan senjata nuklir dari sekutunya, Rusia, jika ada serangan dari kekuatan asing.

Minsk disebut-sebut memainkan peran kunci dalam invasi Rusia di Ukraina, seperti dikutip dari CNN. Rusia menjadikan wilayah Belarus sebagai titik awal untuk menyerang Ukraina pada awal 2022 silam.

Belarus juga kerap melakukan latihan militer dengan Rusia dalam beberapa tahun terakhir.

Pada Juni, Rusia dilaporkan mengirimkan hulu ledak nuklir mereka di Belarus sebagai bagian dari antisipasi perang nuklir dengan negara-negara NATO.

Lukashenko pernah menyatakan tidak akan terlibat perang menyerang Ukraina kecuali negara itu nekat menyerbu Belarus.

Namun, ia juga menyatakan: "Kami akan tetap membantu Rusia, mereka adalah sekutu kami."

Ia bahkan menyatakan negaranya tak akan segan-segan merespons dengan cara apapun termasuk menggunakan senjata nuklir jika diprovokasi oleh negara tetangga anggota NATO seperti Polandoia, Lithuania, atau Latvia.

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya mengklaim telah mengirimkan senjata nuklir ke Belarus untuk antisipasi jika NATO menyerang.

Belum jelas berapa banyak Rusia menyuplai senjata nuklir ke Belarus belakangan ini. Amerika Serikat dan negara-negara Barat juga belum mengonfirmasi secara terbuka mengenai klaim Putin tersebut.

Lukashenko dalam wawancara dengan CNN mengatakan bahwa Belarus tak tinggal diam dan hanya menunggu jika akan diserang.

"Kami akan menggunakan seluruh gudang senjata untuk pencegahan. Kami tidak membawa senjata nuklir hanya untuk menakuti pihak lain," ujar Lukashenko.

"Iya, senjata nuklir merupakan faktor pencegahan yang kuat. Tapi ini adalah senjata nuklir taktis, bukan senjata strategis. Inilah alasan kami akan segera menggunakannya begitu agresi diarahkan terhadap kami," katanya lagi.

(bac/bac)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20230818150506-134-987630/tegang-dengan-nato-negara-sekutu-rusia-ancam-pakai-senjata-nuklir

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Perang Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -