Foto: Tentara Rakyat Korea melakukan latihan penembakan artileri, kantor berita KCNA melaporkan, di Korea Utara, 7 Maret 2024 dalam gambar yang dirilis pada 8 Maret 2024, oleh Kantor Berita Pusat Korea. (via REUTERS/KCNA)



NEWS - luc, CNBC Indonesia
19 March 2024 16:30

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un mengawasi latihan penembakan peluncur roket "super-besar" berkemampuan nuklir yang dirancang untuk menargetkan ibu kota Korea Selatan, Seoul. Hal ini dilakukan ketika ia berjanji untuk meningkatkan pencegahan perangnya dalam menghadapi konfrontasi yang makin mendalam dengan tetangganya.

Dilansir Associated Press, Selasa (19/3/3024), laporan tersebut muncul sehari setelah militer Korea Selatan dan Jepang mengatakan mereka mendeteksi Korea Utara menembakkan beberapa rudal balistik jarak pendek ke perairan lepas pantai timurnya, sehingga menambah serangkaian demonstrasi senjata yang telah meningkatkan ketegangan regional.

Para ahli mengatakan roket artileri berukuran besar milik Korea Utara mengaburkan batasan antara sistem artileri dan rudal balistik karena mereka dapat menciptakan daya dorong sendiri dan dipandu selama pengiriman. Korea Utara menggambarkan beberapa sistem ini, termasuk peluncur roket ganda 600mm yang diuji pada Senin, mampu mengirimkan hulu ledak nuklir taktis.

Foto-foto yang diterbitkan oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara menunjukkan setidaknya enam roket ditembakkan secara bersamaan dari kendaraan peluncuran dan api serta asap menyelimuti apa yang tampaknya merupakan sasaran di pulau kecil tersebut.

KCNA mengatakan pasukan Korea Utara setelah peluncuran salvo juga melakukan tes terpisah yang mensimulasikan ledakan peluru artileri di udara pada ketinggian yang telah ditentukan. Laporan tersebut tidak merinci apakah uji coba tersebut dimaksudkan untuk menguji bagaimana senjata nuklir akan diledakkan pada sasaran musuh.

Kim menyebut peluncur roket berganda 600mm sebagai bagian penting dari persenjataannya yang semakin berkembang dan diduga mampu menghancurkan ibu kota Korea Selatan, Seoul, jika perang lain terjadi di Semenanjung Korea.

"(Kim) mengatakan bahwa perlu untuk lebih menekankan kepada musuh-musuhnya bahwa jika terjadi konflik bersenjata dan perang, mereka tidak akan pernah bisa menghindari konsekuensi bencana," kata KCNA. Dia menyerukan pasukannya untuk "memenuhi misi mereka secara lebih menyeluruh untuk memblokir dan menekan kemungkinan perang dengan kesiapan sempurna yang terus-menerus untuk menghancurkan ibu kota musuh dan struktur kekuatan militernya."

Peluncuran Korea Utara terjadi beberapa hari setelah berakhirnya perjanjian Korea Selatan-AS terbaru. gabungan latihan militer yang digambarkan Korea Utara sebagai latihan invasi. Tidak jelas apakah Korea Utara merencanakan peluncuran tersebut bersamaan dengan kunjungan AS ke Seoul. Menteri Luar Negeri Antony Blinken, yang pada hari Senin menghadiri pertemuan puncak demokrasi dan mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Korea Selatan tentang ancaman Korea Utara.

Ketegangan di Semenanjung Korea telah meningkat sejak tahun 2022, setelah Kim menggunakan invasi Rusia ke Ukraina sebagai gangguan untuk mempercepat pengujian rudal dan senjata lainnya. Amerika Serikat dan Korea Selatan telah menanggapinya dengan memperluas pelatihan gabungan dan latihan trilateral yang melibatkan Jepang dan memperbarui strategi pencegahan yang dibangun berdasarkan strategi AS. aktiva.

Ada kekhawatiran bahwa Korea Utara akan semakin meningkatkan tekanan pada tahun pemilu di Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Dalam pidatonya yang berapi-api di parlemen Pyongyang pada bulan Januari, Kim menyatakan bahwa ia mengabaikan tujuan rekonsiliasi Korea Utara dengan Korea Selatan dan memerintahkan penulisan ulang konstitusi Korea Utara untuk memperkuat saingannya yang terpecah akibat perang sebagai musuh yang paling bermusuhan.

Dia mengatakan piagam baru tersebut harus menetapkan Korea Utara akan mencaplok dan menundukkan Korea Selatan jika terjadi perang lagi.

(luc/luc)

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240319150032-4-523316/korea-memanas-roket-nuklir-kim-jong-un-mengarah-ke-seoul

Sumber : CNBC Indonesia

Tags : Senjata NuklirPerang Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -