Api terlihat setelah serangan rudal di Kyiv pada 2 Januari 2024, di tengah invasi Rusia ke Ukraina.(AFP/GENYA SAVILOV)



KYIV, KOMPAS.com - Rusia terus maju mengintimidasi Ukraina. Terakhir ada kabar bahwa Rusia pesan roket dari Korea Utara. Hal ini membuat Ukraina seolah-olah menjadi lahan tempat uji coba nuklir negara pimpinan Kim Jong Un itu.  

Berikut rangkuman hari ke-687 serangan Rusia ke Ukraina Kamis (11/1/2024). Dilansir dari Guardian, rangkuman menyotot beberapa poin langsung dari titik api konflik.

Sebelas Tewas saat Rudal Melibas

Dua rudal Rusia menghantam sebuah hotel di Kharkiv pada Rabu (10/1/2024) malam, melukai 11 orang, satu di antaranya luka parah, kata gubernur setempat, Oleh Synehubov.  

Wartawan Turki yang sedang berkunjung termasuk di antara para korban luka, tulisnya. Sebelumnya, seorang wanita berusia 48 tahun terbunuh dan sebuah sekolah hancur sebagian dalam serangan udara Rusia terhadap wilayah Kharkiv, kata layanan darurat negara Ukraina.

Ukraina Jadi Tempat Uji Coba Nuklir Korut

Ukraina secara efektif menjadi tempat uji coba rudal nuklir Korea Utara karena rezim Kim Jong-un memasok Rusia dengan roket yang dapat mengirimkan bom atom, kata Korea Selatan.  

"Dengan mengekspor rudal ke Rusia, DPRK menggunakan Ukraina sebagai tempat uji coba rudal berkemampuan nuklirnya," kata duta besar Korea Selatan untuk PBB, Hwang Joon-kook, dengan menggunakan nama resmi Korea Utara.  

Salah satu rudal terbang sejauh 460 km, jarak dari tempat peluncuran Korea Utara ke kota Pusan di Korea Selatan. "Dari sudut pandang Korea Selatan, ini adalah sebuah simulasi serangan," kata Hwang.

Zelensky Mendadak Kunjungi Lithuania

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, bertemu dengan mitranya dari Lithuania, Gitanas Nauseda, di Vilnius pada Rabu.  

Kunjungan mendadak ini menandai dimulainya tur Zelensky ke Lithuania, Estonia dan Latvia, semua bekas republik Soviet dan sekarang menjadi anggota Uni Eropa dan Nato.  

Dalam sebuah pernyataan di X, Zelensky menyebut negara-negara tersebut sebagai teman yang dapat diandalkan dan mitra yang punya prinsip bagi Ukraina. 

Peringatan Zelensky

"Keraguan Barat pada bantuan untuk Ukraina membantu Putin," kata Zelensky memperingatkan dalam sebuah konferensi pers dengan Nauseda.

Zelensky menyatakan keinginannya untuk melihat tindakan terhadap Ukraina untuk mendapatkan keanggotaan Nato pada KTT Nato tahun ini. Dia menambahkan bahwa tahun 2024 akan menjadi tahun yang menentukan bagi Ukraina dan sekutunya.

 

Sumber Guardian

Penulis: Tito Hilmawan Reditya

Kompas.com - 12/01/2024, 07:00 WIB

Link: https://www.kompas.com/global/read/2024/01/12/070000770/rangkuman-hari-ke-687-serangan-rusia-ke-ukraina-ukraina-jadi-tempat-uji#

Sumber : Kompas

Tags : Perang Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -