Detik



Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 28 Des 2023 12:53 WIB

Pyongyang - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menyerukan agar persiapan perang, termasuk program nuklir di negaranya, dipercepat. Seruan ini disampaikan sepekan setelah Kim Jong Un memperingatkan bahwa Pyongyang tidak akan ragu melancarkan serangan nuklir jika "diprovokasi" dengan nuklir.

Seperti dilansir AFP, Kamis (28/12/2023), Kim Jong Un menyampaikan hal itu dalam pertemuan akhir tahun Partai Buruh Korea, yang berkuasa di Korut, yang digelar pekan ini, di mana dia diperkirakan akan mengungkapkan keputusan kebijakan penting untuk tahun 2024 mendatang.

Kim Jong Un, menurut laporan kantor berita Korean Central News Agency (KCNA), meminta Partai Buruh Korea untuk "lebih mempercepat persiapan perang" di berbagai sektor, termasuk senjata nuklir dan pertahanan sipil.

Dalam pertemuan itu, Kim Jong Un juga menekankan bahwa "situasi militer" di Semenanjung Korea telah menjadi "ekstrem" karena konfrontasi dengan Amerika Serikat (AS) yang "belum pernah terjadi sebelumnya".

AS bersama Korea Selatan (Korsel) dan Jepang telah meningkatkan kerja sama pertahanan dalam menghadapi serangkaian uji coba senjata Korut yang memecahkan rekor sepanjang tahun ini. Ketiga negara itu juga mengaktifkan sistem berbagi data real-time soal peluncuran rudal Pyongyang.

Awal bulan ini, sebuah kapal selam bertenaga nuklir milik AS tiba di kota pelabuhan Busan di Korsel, dan Washington mengerahkan sejumlah pesawat pengebom jarak jauh dalam latihan militer bersama dengan Seoul dan Tokyo.

Korut sebelumnya menggambarkan partisipasi aset-aset strategis AS, termasuk pesawat pengebom B-52, dalam latihan bersama di Semenanjung Korea sebagai "langkah provokatif perang nuklir yang disengaja oleh AS".

Tahun ini, Pyongyang berhasil meluncurkan satelit mata-mata militer, mengabadikan statusnya sebagai negara nuklir dalam konstitusinya, dan melakukan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) tercanggih yang ada dalam pasokannya.

Kim Jong Un, awal pekan ini, menggambarkan tahun 2023 sebagai "tahun perubahan besar" di mana Korut menyaksikan "kemenangan yang membelalakkan mata".

Pekan lalu, badan nuklir PBB melaporkan bahwa reaktor kedua pada fasilitas nuklir Yongbyon di Korut tampaknya masih beroperasi, dan menyebutnya "sangat disesalkan".

Dalam pertemuan akhir tahun Partai Buruh Korea tahun lalu, Kim Jong Un menyerukan "peningkatan persenjataan nuklir negara ini secara eksponensial".

(nvc/idh)

Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-7112565/kim-jong-un-serukan-persiapan-perang-dipercepat?single=1

Sumber : Detik

Tags : Senjata NuklirPerang Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -