Detik



Tim detikNews - detikSulsel
Senin, 01 Jan 2024 16:32 WIB

Ishikawa - Tsunami melanda sejumlah wilayah Jepang usai guncangan gempa dengan magnitudo (M) 7,5. Pemerintah Jepang menyatakan kondisi pembangkit listrik tenaga nuklir di Ishikawa tak mengalami kelainan usai guncangan gempa.
"Telah dipastikan bahwa tidak ada kelainan di pembangkit listrik tenaga nuklir Shika (di Ishikawa) dan stasiun lainnya hingga saat ini," kata juru bicara pemerintah Yoshimasa Hayashi, dilansir detikNews yang mengutip AFP, Senin (1/1/2024).

Lembaga penyiaran Jepang, NHK, sebagaimana dilansir Al Jazeera dan The Guardian, melaporkan peringatan tsunami besar telah dikeluarkan di prefektur Ishikawa. Badan Meteorologi Jepang juga mengeluarkan peringatan tsunami di sepanjang wilayah pesisir prefektur Niigata dan Toyama.

"Semua warga harus segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi," kata lembaga penyiaran publik NHK setelah gempa melanda wilayah Noto di prefektur Ishikawa sekitar pukul 16.10 waktu setempat.

Penyiar NHK melaporkan tsunami dengan ketinggian 1,2 meter mencapai kota Wajima di Ishikawa. Kemudian tsunami lainnya mencapai 40 cm tercatat di kota Kashizawaki.

Belum ada laporan kerusakan akibat gempa. Selain itu, beredar rekaman yang belum dapat diverifikasi via media sosial X yang menunjukkan gelombang air naik ke kanal di prefektur Ishikawa.

Dilihat dari situs JMA, tampak peringatan tsunami berlaku di sepanjang garis pantai kawasan barat Jepang. Peringatan tsunami itu terbagi dalam tiga kategori yang ditandai dengan garis ungu, merah dan kuning.

Noto Area di Prefektur Ishikawa masuk dalam kategori 'Major Tsunami Warning' yang ditandai dengan garis ungu. Lokasinya terletak di dekatpusatgempa.

(hmw/ata)

Sumber: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-7119207/jepang-ungkap-kondisi-pembangkit-listrik-tenaga-nuklir-usai-gempa-m-7-5

Sumber : Detik

Tags : PLTN

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -