Gempa melanda Turki pada Senin, 6 Februari 2023 waktu setempat. /Reuters/Dilara Senkaya



PIKIRAN RAKYAT - Gempa berkekuatan 7,8 skala richter (SK) yang berpusat di Turki pada Senin, 6 Februari 2023 tengah menjadi perhatian dunia. Pasalnya, gempa yang terjadi pukul 04.17 pagi itu menelan korban jiwa hingga ribuan orang, sementara ribuan lainnya mengalami luka-luka.

Belakangan ini, unggahan mengenai bencana alam itu ramai diberedar di media sosial. Salah satunya di Twitter.

Beredar video berdurasi lima detik yang menarasikan bahwa gempa di Turki mengakibatkan sebuah pembangkit nuklir meledak.

Dalam video tersebut, tampak detik-detik ledakan terjadi di sebuah bangunan yang memicu gumpalan asap dan dampak dari tekanan udara akibat ledakan tersebut.

Berikut narasi yang ditambahkan pengunggah dalam unggahan videonya pada Selasa, 7 Februari 2023:

#Tsunami BREAKING: Nuclear plant explode due to #Earthquake in #Turkey. Not confirmed Is this real?

Namun, benarkah video yang diunggah di Twitter itu merupakan peristiwa detik-detik meledaknya pembangkit nuklir akibat gempa di Turki?

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Antara, video berdurasi lima detik itu ternyata serupa dengan konten yang diunggah di situs The Times Of Israel.

Dalam konten yang berjudul ‘Setahun setelah awan jamur, Lebanon masih berdarah’ itu, disebutkan bahwa amonium nitrat yang disimpan dengan berjumlah ratusan ton terbakar pada Selasa, 4 Agustus 2020.

Insiden terbakarnya amonium nitrat tersebut menimbulkan ledakan dan menjadi peristiwa ledakan non-nuklir terbesar yang pernah terjadi.

Saat ledakan terjadi, bola api terlihat hingga pelabuhan di kota Beirut dan asapnya terlihat membumbung tinggi seperti jamur putih.

Ratusan orang menjadi korban dalam peristiwa tersebut, tepatnya sebanyak 214 orang tewas dan melukai ribuan orang, serta puluhan ribu orang kehilangan tempat tinggal.

Sehingga dapat disimpulkan, bahwa video ledakan yang diklaim sebagai ledakan dari pembangkit nuklir saat gempa di Turki itu merupakan informasi yang keliru atau hoaks.

Faktanya, ledakan tersebut adalah peristiwa yang terjadi pada bulan Agustus tahun 2022 di kota Beirut, Lebanon.***

 

Editor: Elfrida Chania S // Penulis: Deni Purnomo

PIkiran-rakyuat.com // 8 Februari 2023, 10:18 WIB

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-016231529/cek-fakta-benarkah-gempa-turki-sebabkan-pembangkit-nuklir-meledak-simak-faktanya?page=2

 

Sumber : Pikiran Rakyat

Tags : PLTN

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -