Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk menjadi ketua Tim Percepatan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (NEPIO). (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso).



CNN Indonesia
Rabu, 17 Jan 2024 13:49 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Panjaitan ditunjuk menjadi ketua Tim Percepatan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (NEPIO).
Hal tersebut seiring terbitnya Kepmen ESDM Nomor 250.k/hk.02/mem/2021 Tentang Tim Persiapan Pembentukan NEPIO.

"Jadi di situ ada ketua Menko Marinves, ketua harian menteri ESDM," tutur Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (Sekjen DEN) ESDM Djoko Siswanto dalam konferensi pers, Rabu (17/1).

Adapun anggota dari tim ini terdiri dari ketua dewan pengarah BRIN, menteri/kepala lembaga terkait, anggota DEN ESDM, dan ketua Majelis Pertimbangan Tenaga Nuklir (MPTN).

Tim NEPIO bertanggung jawab kepada presiden dalam rangka persiapan dan pelaksanaan pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Tim dikerahkan untuk mendukung tercapainya target transisi energi dan emisi nol bersih 2060.

Selain itu, NEPIO juga merupakan tim nasional yang bersifat lintas sektoral untuk percepatan persiapan dan pembangunan PLTN.

"DEN sudah berkirim surat ke ketua DEN, bapak presiden, untuk meminta arahan pembentukan NEPIO ini," imbuh Djoko.

Ia menambahkan bahwa NEPIO juga memiliki kelompok kerja (pokja) yang mencakup hubungan kelembagaan dan masyarakat.

"Ada bagian masyarakat karena nuklir ini penting untuk mendapatkan respon dari masyarakat," katanya.


(mrh/agt)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240117133736-85-1050706/luhut-ditunjuk-jadi-ketua-tim-percepatan-pembangunan-pltn

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Energi NuklirPLTN

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -