Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky muding Rusia telah menanam alat peledak di atap PLTN Zaporizhzhia. Foto/Ilustrasi



Berlianto
Kamis, 06 Juli 2023 - 00:25 WIB

KIEV - Ukraina mengklaim alat peledak telah ditempatkan di atap pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, seperti yang diperingatkan Presiden negara itu Volodymyr Zelensky tentang provokasi berbahaya di fasilitas tersebut.

Angkatan bersenjata Ukraina mengutip data operasional yang mengatakan bahwa perangkat peledak telah ditempatkan di atap reaktor ketiga dan keempat pabrik pada hari Selasa, menambahkan bahwa serangan mungkin terjadi dalam waktu dekat.

"Sekarang kami memiliki informasi dari intelijen kami bahwa pasukan Rusia telah menempatkan benda-benda yang menyerupai bahan peledak di atap beberapa unit tenaga pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia," kata Zelensky.

"Mungkin untuk mensimulasikan serangan terhadap pabrik. Mungkin mereka punya skenario lain," imbuhnya seperti dikutip dari Sky News, Kamis (6/7/2023).

Sepanjang perang, para ahli nuklir telah berulang kali memperingatkan potensi bencana di fasilitas nuklir yang diduduki Rusia di Ukraina selatan.

Tudingan ini seolah membalas tuduhan seorang penasihat operator tenaga nuklir Rusia Rosenergoatom mengatakan Ukraina berencana untuk menjatuhkan amunisi yang dicampur dengan limbah nuklir yang diangkut dari salah satu dari lima stasiun nuklir negara itu di pembangkit itu.

Renat Karchaa, penasihat kepala Rosenergoatom, dikutip oleh media Rusia mengatakan bahwa militer Ukraina akan mencoba menyerang pabrik pada hari Rabu menggunakan peralatan presisi jarak jauh dan drone serangan kamikaze.

Baik Karchaa maupun Zelensky tidak memberikan bukti atas pernyataan mereka.

Peringatan baru-baru ini telah menyebabkan sejumlah warga Ukraina mencoba meninggalkan negara itu dengan antrean di perbatasan yang melintasi Moldova sejauh dua mil.

Pemerintah Ukraina juga telah mengeluarkan pedoman tentang apa yang harus dilakukan jika terjadi keadaan darurat nuklir.

Moskow dan Kiev telah berulang kali menuduh satu sama lain melakukan penembakan di sekitar fasilitas tersebut, yang merupakan pembangkit nuklir terbesar di Eropa dengan enam reaktor.

Zelensky pada akhir pekan lalu mengatakan bahwa ancaman serius tetap ada di pabrik tersebut, dengan intelijen Ukraina menunjukkan bahwa Rusia secara teknis siap untuk memprovokasi ledakan lokal di fasilitas tersebut.

Ia juga mengklaim bahwa jumlah personel Rusia di pabrik tersebut secara bertahap dikurangi. Moskow belum mengomentari penarikan yang terlihat.

Pengawas nuklir PBB, Badan Energi Atom Internasional (IAEA), telah mencoba mencapai kesepakatan untuk memastikan pembangkit itu didemiliterisasi dan mengurangi risiko kecelakaan yang mungkin terjadi.

Pekan lalu, dikatakan sejauh ini tidak menemukan indikasi yang terlihat dari ranjau atau bahan peledak lainnya yang saat ini ditanam di fasilitas tersebut, tetapi mengatakan menyadari laporan tersebut dan memerlukan akses tambahan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut di lokasi tersebut.

Risiko nuklir terbesar di pembangkit tersebut adalah dari bahan bakar nuklir yang terlalu panas, yang dapat terjadi jika daya yang menggerakkan sistem pendingin terputus atau jika air tidak cukup untuk memasok sistem pendingin.

Serangan telah berulang kali memutus kabel listrik.

(ian)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1145227/41/zelensky-klaim-rusia-tanam-alat-peledak-di-atap-pltn-zaporizhzhia-1688576837?showpage=all

Sumber : Sindonews

Tags : Senjata NuklirPLTN

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -