Seorang Tentara Rusia berjaga di perbatasan Ukraina - Rusia dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia bulan lalu (Alexander Ermochenko/Reuters)



JawaPos.com - Melalui video yang diunggah pada Selasa (4/7), Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mengatakan bahwa tentara Rusia telah berhasil meletakan perangkat yang menyerupai bahan peledak di atap reaktor nuklir di pembangkit listrik yang telah berhasil mereka kuasai, dikutip dari NPR, dilansir dari Reuters

Meskipun masih menjadi klaim sepihak, Zelenskyy tetap mempertahankan pandangan tersebut dan berusaha mengingatkan tentang potensi sabotase yang dilakukan oleh Pemerintah Rusia di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia. 

“Mungkin (penempatan objek yang diduga bahan peledak) itu digunakan untuk simulasi sebuah serangan di pembangkit listrik yang ada. Mungkin juga mereka memiliki skenario lainnya,” jelas Zelenskyy pada video itu. 

Ia pun menambahkan bahwa kalaupun serangan tersebut benar terjadi, maka dunia akan paham bahwa satu-satunya sumber bahaya bagi pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia adalah kehadiran Rusia. Zaporizhzhia sendiri merupakan salah satu pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di kawasan Eropa, yakni memiliki enam reaktor di dalamnya. 

Para pejabat Ukraina mengatakan bahwa reaktor yang diduga dipasangi alat serupa bahan peledak adalah reaktor nomor tiga dan nomor empat. 

Di sisi lain, pihak Rusa juga menuduh pemerintah Ukraina telah merencanakan aksi militer terhadap fasilitas nuklir yang ada. Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov pun memperingatkan tentang ‘konsekuensi bencana’. 

“Oleh karena itu kami, tentu saja, mengambil semua tindakan untuk mencegah ancaman tersebut,” ucap Peskov pada hari Rabu (5/7). 

Hingga saat ini,klaim Rusia maupun Ukraina tidak dapat dikonfirmasi secara independen. Kedua belah pihak saling tuduh bahwa yang lain telah menyerang oembangkit listrik bertenaga nuklit tersebut sejak Rusia merebut Zaporizhzhia pada Maret tahun lalu

Namun yang menjadi kepastian adalah, sampai sekarang Rusia dan Ukraina sama-sama mengatakan bahwa ancaman tersebut sudah semakin dekat.

 

Editor: Banu Adikara

Jawapos.com / Rabu, 5 Juli 2023 | 23:58 WIB

Sumber: https://www.jawapos.com/internasional/011734156/zelenskyy-peringatkan-dugaan-sabotase-pembangkit-listrik-tenaga-nuklir-zaporizhzhia-begini-tanggapan-rusia

Sumber : Jawapos

Tags : PLTN

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -