Foto: AFP/JOHANNES EISELE



NEWS - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
17 January 2024 16:35

Jakarta, CNBC Indonesia - Dewan Energi Nasional (DEN) membeberkan rencana Indonesia yang akan memiliki Badan Pelaksana Program Energi Nuklir atau Nuclear Energy Program Implementation Organization (NEPIO). Saat ini, pembentukan NEPIO itu hanya tinggal menunggu persetujuan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto mengungkapkan NEPIO sendiri adalah sebuah badan yang nantinya bertugas untuk mempersiapkan pembangunan PLTN. Rencana pembentukan NEPIO sendiri sudah disampaikan kepada Presiden.

"DEN juga telah berkirim surat kepada ketua DEN dalam artian Bapak Presiden dan Wapres untuk meminta arahan tentang pembentukan NEPIO ini dan pembangunan nuklir," kata Djoko dalam Konferensi Pers Capaian Tahun 2023 dan Program Kerja Tahun 2024 Dewan Energi Nasional (DEN), Rabu (17/1/2024).

Menurut Djoko, untuk mengkomersialisasikan nuklir, setidaknya ada 19 syarat yang harus dipenuhi. Adapun dari 19 persyaratan yang direkomendasikan oleh Badan Tenaga Atom Internasional (International Atomic Energy Agency), Indonesia sudah memenuhi 16 syarat.

"Untuk mengkomersialisasi nuklir kita harus memenuhi 19 persyaratan, 16 kita sudah, 3 lagi salah satunya NEPIO," kata dia.

Pemerintah melalui Menteri ESDM telah menetapkan Kepmen ESDM 250.K/HK.02/MEM/2021 tentang tim persiapan pembentukan NEPIO sebagai upaya pemenuhan syarat IAEA dalam membangun PLTN. Berdasarkan bahan paparan DEN, susunan tim percepatan pembangunan PLTN sendiri terdiri dari:

- Ketua: Menko Marinves

- Ketua Harian: Menteri ESDM

- Anggota: Ketua Dewan Pengarah BRIN, Menteri/kepala Lembaga Terkait, Anggota DEN, Ketua MPTN

- Kepala Sekretariat

- Wakil Ketua Harian Tim/Kapokja

(pgr/pgr)

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240117141046-4-506589/badan-pembangkit-nuklir-ri-sudah-diusulkan-ke-jokowi-ini-anggotanya

Sumber : CNBC Indonesia

Tags : Energi NuklirPLTN

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -