Wakil Presiden Ma'ruf Amin didatangi sederet komunitas nuklir yang meminta arahan soal nasib Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Indonesia. (Antara Foto/Kornelis Kaha).



CNN Indonesia
Jumat, 12 Jan 2024 22:53 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin didatangi sederet komunitas nuklir yang meminta arahan soal nasib Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Indonesia.
Ada Masyarakat Energi Baru Nuklir Indonesia (MEBNI), Dewan Energi Nasional (DEN), hingga PT Thorcon Power Indonesia selaku investor. Mereka menegaskan pentingnya PLTN untuk mengejar target nol emisi karbon pada 2060.

Direktur Operasi PT Thorcon Power Indonesia Bob S. Effendi mengklaim pihaknya sedang menggarap persiapan sederet infrastruktur yang dibutuhkan.

Bahkan, mereka mengklaim siap membangun tanpa sokongan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Bob menilai regulasi Indonesia sudah siap untuk menjalankan PLTN, tinggal keputusan politis dari pemimpin negara. Oleh karena itu, MEBNI Cs memohon dukungan Wapres Ma'ruf Amin.

"Masalah yang masyarakat takut itu keamanan. Saya kira pertama memang kita butuh mengantisipasi penolakan, kemudian pemerintah untuk mengambil langkah," respons Ma'ruf di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Kamis (11/1), dikutip dari keterangan resmi.

Ma'ruf menegaskan ia sejatinya sudah menaruh perhatian pada nuklir, jauh sebelum menjadi wakil Joko Widodo.

Saat menjabat sebagai ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ataupun anggota dewan pertimbangan presiden (Wantimpres), ia mengaku pernah membahas permasalahan energi nuklir. Harapannya, energi baru terbarukan (EBT) ini tidak menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

"Majelis Ulama waktu itu membuat keputusan untuk mendukung, tapi belum dibuat (fatwanya), terjadi kebocoran di Fukushima. Akhirnya enggak jadi karena pasti masyarakat akan bereaksi besar, seperti terjadi di Korea," jelasnya.

Meski begitu, Ma'ruf menerima aspirasi dari kelompok tersebut. Ia paham betapa krusialnya keputusan soal transisi energi untuk mencapai net zero emission (NZE).

Ia berjanji akan menyampaikan aspirasi soal percepatan pembangunan PLTN itu kepada Presiden Jokowi.


(skt/sfr)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240112111540-532-1048543/wapres-maruf-didatangi-komunitas-nuklir-minta-petuah-soal-nasib-pltn

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Energi NuklirPLTN

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -