Ilustrasi. (REUTERS/Issei Kato/File Photo)



Senin, 03 Jun 2024 05:14 WIB

Jakarta - Gempamagnitudo (M) 5,9 mengguncang Jepang tengah. Tidak ada peringatan tsunami menurut Badan Meteorologi Jepang. Dilansir AFP, Senin (3/6/2024), guncangan gempa tersebut dangkal terjadi pada pukul 06.31 pagi waktu setempat. Pusat gempa di Semenanjung Noto, tempat gempa dahsyat pada 1 Januari lalu menewaskan lebih dari 230 orang.  

Pejabat setempat mengatakan belum ada laporan mengenai kerusakan, namun mereka masih mengumpulkan informasi, lapor lembaga penyiaran publik NHK.

Gempa bumi diikuti sekitar 10 menit kemudian oleh gempa kedua yang lebih kecil berkekuatan magnitudo 4,8 di daerah yang sama, kata JMA.  Operator pembangkit listrik tenaga nuklir Kashiwazaki-Kariwa di wilayah tersebut mengatakan pihaknya telah menghentikan operasi untuk memeriksa kerusakan, menurut NHK.

Lembaga penyiaran tersebut memperingatkan bahwa banyak bangunan di wilayah pesisir Laut Jepang mungkin sebelumnya telah rusak akibat gempa bumi dahsyat pada bulan Januari dan gempa susulannya.  

Gempa tanggal 1 Januari lalu menghancurkan dan merobohkan bangunan, menyebabkan kebakaran dan merusak infrastruktur di Semenanjung Noto saat banyak keluarga sedang merayakan Hari Tahun Baru.  

Terletak di atas empat lempeng tektonik utama di sepanjang tepi Barat Cincin Api Pasifik, Jepang adalah salah satu negara yang paling aktif secara tektonik di dunia.

Sumber : https://news.detik.com/internasional/d-7370740/gempa-m-5-9-guncang-jepang-tak-ada-peringatan-tsunami

Tags : PLTN

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -