Foto: Ilustrasi Pembangkit Listrik tenaga Gas (REUTERS/VINCENT WEST)



NEWS - Firda Dwi Muliawati, CNBC Indonesia
01 February 2024 12:15

Jakarta, CNBC Indonesia - ReforMiner Institute mengungkapkan gas bumi masih akan memiliki peran penting sebagai sumber energi di sejumlah negara. Padahal, gas bumi sendiri merupakan sumber energi fosil yang tidak terbarukan walaupun diperhitungkan memang menghasilkan emisi karbon yang lebih rendah bila dibandingkan dengan sumber fosil lainnya seperti batu bara.

Direktur Eksekutif ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro mengungkapkan hampir sebagian besar negara di dunia, terutama negara maju masih akan memanfaatkan gas bumi. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menyeimbangkan keberlanjutan pasokan energi namun dengan terus menurunkan emisi karbon yang dihasilkan.

"Berdasarkan BP Energy Outlook 2023, sampai dengan tahun 2050 gas bumi diproyksikan masih akan menjadi sumber energi fosil terbesar dalam bauran energi global," ujar Komaidi dalam kajian ReforMiner, dikutip Kamis (1/2/2024).

Dia mengatakan dalam skenario Net Zero Emission (NZE) atau netral emisi karbon dunia untuk tahun 2050 mendatang diproeksikan ebesar 9,2%. Sementara pada skenario lainnya yakni New Momentum, porsi gas bumi pada bauran energi global pada tahun yang sama diproyeksikan sebesar 22,6%.

Untuk saat ini, berdasarkan data BP Energy yang diolah oleh ReforMiner menunjukkan porsi bauran minyak dan gas bumi global masih mendominasi bila dbandingkan dengan sumber energi lainnya seperti batu bara, EBET (energi baru, energi terbarukan), dan nuklir.

Untuk bauran minyak secara global terhitung mencapai 31,6%, sedangkan gas bumi sebesar 23,5%. Adapun batu bara terhitung baurannya mencapai 26,7%, EBET sebesar 14,2%, dan terakhir nuklir mencapai 4%.

Bila melihat lebih jauh lagi pada target bauran energi dunia di tahun 2050, bauran energi dari EBET ditargetkan mencapai 74,4% sedangkan sisanya terbagi antara minyak dan gas bumi, nuklir, dan batu bara sebagai bauran energi terendah.

(pgr/pgr)

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240201104902-4-510774/heboh-dunia-mau-transisi-energi-fosil-malah-bakal-mendominasi

Sumber : CNBC Indonesia

Tags : Energi Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -