Ilustrasi partikel penyusun atom. Foto: Fastfission/Wikimedia Commons



Annisa - detikEdu
Kamis, 25 Mei 2023 10:31 WIB

Jakarta - Atom merupakan kandungan atau materi terkecil dari suatu benda yang bisa menyusun suatu materi atau zat. Singkatnya, atom merupakan bagian yang paling dasar atas suatu materi.
Atom terdiri dari inti atom dan elektron yang bermuatan negatif. Sedangkan inti atom sendiri dari dari proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral.

Lantas dari bagian atom yang telah disebutkan diatas, manakah yang tidak bermuatan listrik? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Bagian Atom Yang Tidak Bermuatan Listrik
Apabila digambarkan, atom akan terlihat seperti sebuah titik bola yang dikelilingi partikel elektron. Lintasan elektron mirip seperti planet-planet yang mengelilingi matahari.

Elektron merupakan subpartikel atom yang bermuatan listrik negatif dan paling ringan di antara yang lain. Proton adalah penyusun atom yang bermuatan listrik positif dan memiliki massa 1.836 kali lebih berat dari elektron.

Sedangkan neutron merupakan partikel inti atom yang tidak memiliki muatan listrik atau bermuatan netral. Neutron memiliki massa hampir sama dengan proton dan disimbolkan dengan 'n' atau 'no'.

Neutron berperan sebagai penyeimbang inti atom dan menjaga kestabilan gaya tolak-menolak antara proton di dalam inti atom. Dalam fisika nuklir, keberadaan proton sangat penting untuk menghasilkan energi nuklir.

Neutron tidak memiliki muatan listrik dikarenakan partikel-partikel subatomik dengan muatan listrik yang saling menyeimbangkan. Karena sifatnya yang netral, neutron tidak akan terpengaruh oleh medan listrik dan dapat melewati medan listrik tanpa diarahkan atau dipengaruhi olehnya.

Nah itu dia penjelasan mengenai bagian atom yang tidak bermuatan listrik. Semoga bermanfaat ya, Detikers!

Simak Video "Ariel NOAH Bikin Heboh saat Nyanyi di Kelulusan Alleia"

(row/row)

Sumber: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6737693/bagian-atom-mana-yang-tidak-mengandung-muatan-listrik-simak-penjelasannya

Sumber : Detik

Tags : Energi Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -