Ilustrasi helikopter militer Israel. (Foto: REUTERS/Ammar Awad)



Tim detikNews - detikBali
Jumat, 19 Apr 2024 11:19 WIB

Bali - Militer Israel dilaporkan baru saja menyerang Iran. Serangan ini sebagai respons serangan Iran ke Israel pada 13 April lalu.
Dilansir dari detikNews, Jumat (19/4/2024), misil Israel telah mencapai beberapa lokasi di Iran. Salah satunya dekat fasilitas nuklir Iran di kota Isfahan.

Israel mengatakan kepada Amerika Serikat (AS), sekutunya, bahwa mereka melancarkan serangan terbatas ke wilayah Iran. Tel Aviv juga mengatakan bahwa serangannya tidak menargetkan fasilitas nuklir Teheran.

Hal tersebut diungkapkan oleh seorang pejabat senior AS, yang enggan disebut namanya, saat berbicara kepada CNN.

Pejabat senior AS itu mengatakan bahwa serangan Israel menghantam target di dalam wilayah Iran dan target serangan bukan fasilitas nuklir.

Dalam laporan terpisah, media lokal Iran seperti dilansir AFP menyebut fasilitas nuklir di kota Isfahan 'sepenuhnya aman' setelah ledakan terdengar di area itu.

"Fasilitas nuklir di provinsi Isfahan sepenuhnya aman," sebut kantor berita Tasnim dalam laporannya.

Sebelumnya, kantor berita FARS melaporkan tiga ledakan terdengar di dekat pangkalan militer di wilayah Isfahan bagian barat laut, di mana jet-jet tempur milik Iran berada.

"Pertahanan diaktifkan sebagai respons terhadap objek yang kemungkinan besar adalah drone," tutur seorang sumber kepada kantor berita FARS.

Diketahui juga bahwa terdapat beberapa lokasi terkait program nuklir Iran di dalam dan sekitar Isfahan.

Laporan soal ledakan di wilayah Iran itu terjadi setelah Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian mengatakan Israel mengambil tindakan militer lebih lanjut terhadap Iran, maka respons yang dilakukan 'segera dan pada level maksimum'.

(dpw/gsp)

Sumber: https://www.detik.com/bali/hukum-dan-kriminal/d-7299698/israel-serang-iran-ada-ledakan-dekat-fasilitas-nuklir-isfahan

Sumber : Detik

Tags : Energi Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -