Ilustrasi -- Fasilitas nuklir Iran (Foto: AP Photo/Mehr News Agency, Majid Asgaripour, File)



Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 19 Apr 2024 11:03 WIB

Jakarta - Israel dilaporkan melakukan serangan terbatas ke Iran. Seorang pejabat senior Amerika Serikat mengatakan bahwa serangan Israel tersebut menghantam target di dalam wilayah Iran dan target serangan bukan fasilitas nuklir. Media Iran juga melaporkan bahwa fasilitas nuklir negara itu aman usai serangan Israel.
Dilansir media Iran, Press TV, Jumat (19/4/2024), para pejabat Garda Revolusi Iran (IRGC) sebelumnya telah memperingatkan bahwa jika Israel mengambil tindakan terhadap fasilitas nuklir Iran, mereka pasti akan menghadapi pembalasan.

"Jika rezim Zionis memutuskan untuk mengambil tindakan terhadap fasilitas dan pusat nuklir kami, mereka pasti akan menghadapi reaksi kami," kata kepala Korps Perlindungan dan Keamanan Nuklir Jenderal Ahmad Haqtalab pada hari Kamis (18/4) waktu setempat, seraya menambahkan Iran "akan melakukan pembalasan dengan menyerang fasilitas nuklir Israel dengan senjata canggih".

Haqtalab mengeluarkan peringatan keras tersebut setelah pejabat Israel menyatakan kemungkinan serangan terhadap fasilitas nuklir Iran setelah serangan Iran untuk "menghukum" Tel Aviv karena membunuh penasihat militer Iran di Damaskus, Suriah.

"Jika rezim Zionis palsu memutuskan untuk menggunakan ancaman serangan terhadap pusat-pusat nuklir negara kita sebagai alat untuk menekan Iran, maka sangat mungkin dan masuk akal untuk merevisi doktrin dan kebijakan nuklir Republik Islam Iran dan menyimpang dari pertimbangan sebelumnya yang disampaikan," tambahnya.

Selama ini, doktrin nuklir Iran bersifat damai, tidak memberikan ruang bagi penciptaan atau kepemilikan senjata nuklir.

"Berkat fasilitas dan peralatan kami yang sangat canggih, serta karena tersebarnya fasilitas dan kompleks nuklir negara kami di wilayah Iran yang luas, kami siap menghadapi segala ancaman dari rezim Zionis," ujarnya.

Haqtalab mengatakan bahwa meskipun berdasarkan protokol dan standar internasional serta peraturan dan ketentuan Badan Energi Atom Internasional, semua negara dilarang menyerang fasilitas nuklir, Republik Islam Iran selalu siap menghadapi ancaman ini sejak awal.

(ita/ita)

Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-7299659/iran-ancam-pembalasan-jika-israel-serang-fasilitas-nuklirnya/2

Sumber : Detik

Tags : Energi Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -