Foto: Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhiadi Ukrina. (AFP/ED JONES)



NEWS - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
17 January 2024 19:05

Jakarta, CNBC Indonesia - Dewan Energi Nasional (DEN) menargetkan satu unit Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) dapat beroperasi pada 2032 mendatang. Adapun lokasi yang saat ini menjadi fokus utama untuk dibangun PLTN berada di Pulau Gelasa, Kepulauan Bangka Belitung oleh PT ThorCon Power Indonesia.

Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto mengatakan pada 2032 mendatang PLTN yang akan dibangun di pulau tersebut rencananya memiliki kapasitas 500 Mega Watt (MW).

"2032 kita akan punya PLTN 500 MW itu di pulau Gelasa dan konstruksi di Korea," kata Djoko dalam Konferensi Pers Capaian Tahun 2023 dan Program Kerja Tahun 2024 Dewan Energi Nasional (DEN), Rabu (17/1/2024).

Menurut Djoko, dari sekian banyak perusahaan, saat ini hanya PT ThorCon Power Indonesia yang cukup produktif dalam mengembangkan PLTN di Indonesia. Bahkan, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut telah mengalokasikan dana hingga Rp 17 triliun.

"Dan realisasinya sudah menyumbangkan Rp 10 miliar untuk lab dengan ITB. Real dia dan roadmap studi tapak sudah selesai, studi penerimaan masyarakat di pulau Gelasa di Bangka Belitung sudah selesai oleh Universitas 11 Maret, kemudian dengan berbagai pihak sudah selesai FS nya," kata dia.

Sementara itu, perusahaan-perusahaan lainnya yang berasal dari Rusia, Prancis masih sebatas rencana penjajakan kerja sama. "Saya pernah dampingi duta besar Rusia dan Prancis tawarkan Nuklir ke Pak Menteri dengan Amerika juga, untuk capacity building bahkan bantu biaya jutaan dolar tapi itu baru studi," tambahnya.

Lantas, seperti apa Pulau Gelasa yang akan dibangun PLTN perdana di Indonesia?

Pulau Gelasa merupakan pulau yang terletak di Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini sendiri memiliki luas wilayah sebesar 220,83 ha.

Dilansir dari Direktori Pariwisata, Pulau Gelasa adalah pulau yang masih perawan dan nyaris jarang menjamahnya. Pulau Gelasa ini dipenuhi dengan pepohonan yang cukup rapat dan juga bebatuan granit di pinggiran pulaunya.

"Dan sudah dipastikan keindahan pantai yang masih sangat asri benar-benar menjadi sajian utama di Pulau Gelasa," tulis Direktori Pariwisata dalam situs resminya, dikutip Kamis (2/11/2023).

Selain itu, Pulau Gelasa dihiasi oleh terumbu karang yang masih sangat alami hidup di bawah perairan Pulau Gelasa.

(pgr/pgr)

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240117174714-4-506698/ri-diramal-bakal-punya-nuklir-tahun-2032-di-sini-lokasinya

Sumber : CNBC Indonesia

Tags : Energi Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -