Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un ingin mempercepat produksi nuklir guna memperkuat kekuatan Pyongyang. (KCNA VIA KNS / AFP).



tim | CNN Indonesia
Sabtu, 18 Mei 2024 09:20 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un ingin mempercepat produksi nuklir guna memperkuat kekuatan Pyongyang.

Kantor berita Korut, KCNA, melaporkan Kim sudah memerintahkan jajarannya untuk melaksanakan percepatan itu. Percepatan sengaja ia lakukan untuk menghadapi konfrontasi militer dengan musuh yang semakin terselubung dan mati-matian ingin menghancurkan negaranya.

Perintah ini juga dikeluarkan seiring dengan keinginan Kim meningkatkan kemampuan dan pencegahan perang nuklir Pyongyang.

"Dia (Kim) mengatakan bahwa musuh akan takut dan tidak berani bermain api ketika menyaksikan postur tempur nuklir Korea Utara yang tidak mereka ketahui, dan itu berarti pencegah perang. Dia juga menyerukan dengan jelas untuk menunjukkan kepada musuh mengenai kemampuan tak terbatas Korea Utara yang telah berkembang pesat," demikian laporan KCNA.

Perintah ini dikeluarkan pada hari yang sama dengan peluncuran sejumlah rudal balistik jarak pendek Korut ke Laut Timur pada Jumat (17/5).

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan melaporkan rudal-rudal itu diluncurkan dari kota pantai timur Wonsan.

Menurut laporan NHK, rentetan rudal tersebut jatuh usai diluncurkan.

Peluncuran rudal ini sendiri dilakukan sehari setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan menggelar latihan militer bersama menggunakan jet tempur siluman yang mensimulasikan pertempuran udara.

(blq/agt)

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/internasional/20240518080129-113-1099207/kim-jong-un-ingin-percepat-produksi-nuklir

Tags : Energi Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -