Pemandangan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Tianwan di Kota Lianyungang, Provinsi Jiangsu, China, Juni 2024. (Perusahaan Nuklir Nasional Tiongkok/Handout melalui Xinhua)



Kamis, 20 Juni 2024 21:38 WIB

Nanjing (ANTARA) - China berhasil menyelesaikan proyek yang bertujuan mengangkut uap yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) ke sebuah basis petrokimia.  

Proyek tersebut dirancang untuk membantu mengurangi emisi karbon dan mengeksplorasi pemanfaatan energi kolaboratif dalam industri nuklir dan tradisional.  

Proyek itu diberi nama Heqi No. 1 dan dibangun oleh China National Nuclear Corporation (CNNC), mulai beroperasi pada Rabu (19/6). Proyek itu akan mengirimkan 4,8 juta ton uap setiap tahunnya dari PLTN Tianwan ke sebuah basis petrokimia di Kota Lianyungang, Provinsi Jiangsu, China.  

Pembangkit-pembangkit listrik tenaga nuklir secara khusus mengandalkan fisi nuklir untuk melepaskan energi, memanaskan air menjadi uap, dan menggerakkan turbin uap untuk menghasilkan listrik.  

Manajer Umum Pemeliharaan Jiangsu Nuclear Power Corporation yang berada di bawah naungan CNNC Liu Yongsheng menjelaskan bahwa uap tidak hanya dapat digunakan untuk pembangkit listrik, tetapi juga dapat digunakan dalam produksi industri.  

Liu mengatakan bagi perusahaan-perusahaan petrokimia, uap merupakan sumber panas dan sumber tenaga yang sangat diperlukan dalam proses produksi. Industri petrokimia, yang menghadapi tantangan transformasi bersih dan rendah karbon, lebih memilih mengganti konsumsi batu bara dengan energi nuklir untuk menyediakan panas, uap, dan daya.  

Proyek ini menggunakan uap yang dihasilkan dari sistem turbin PLTN Tianwan Unit 3 dan Unit 4 sebagai sumber panas. Proyek tersebut mengangkut uap melalui pipa gas industri ke basis industri petrokimia melalui pertukaran panas multitahap, menggantikan konsumsi batu bara tradisional serta memenuhi kebutuhan panas dan daya perusahaan-perusahaan petrokimia.  

Proyek ini diperkirakan akan mengurangi konsumsi batu bara standar sebesar 400.000 ton per tahun, setara dengan memangkas emisi 1,07 juta ton karbon dioksida, 184 ton sulfur dioksida, dan 263 ton nitrogen oksida. CNNC menjelaskan bahwa pemangkasan emisi itu juga sebanding dengan penanaman 2.900 hektare pohon baru setiap tahunnya, dan menghemat lebih dari 700.000 ton tunjangan emisi karbon (carbon emission allowances) untuk basis petrokimia setiap tahunnya.  

PLTN Tianwan Unit 3 dan Unit 4 memiliki empat lapis pembatas keamanan. Langkah-langkah isolasi multilapis serta instrumen pemantauan radiasi juga diterapkan untuk memastikan keamanan produksi dan transmisi uap.

 

Fasilitas Heqi No. 1 di Kota Lianyungang, Provinsi Jiangsu, China, Juni 2024. (Perusahaan Nuklir Nasional Tiongkok/Handout melalui Xinhua)

 

Pimpinan Jiangsu Nuclear Power Corporation Zhang Yi menjelaskan bahwa kerja sama antara PLTN Tianwan dan basis petrokimia ini menjadi contoh bagi industri nuklir China, sekaligus memberikan solusi baru untuk peningkatan pasokan energi ramah lingkungan di industri petrokimia tradisional.  

Sekretaris Jenderal Otoritas Energi Atom China (China Atomic Energy Authority/CAEA) Huang Ping mengatakan bahwa CAEA mendukung penerapan teknologi nuklir di industri, pertanian, perawatan kesehatan, perlindungan lingkungan, keamanan, dan bidang lainnya. CAEA akan terus memajukan dan mengembangkan proyek-proyek dan penerapan teknologi nuklir yang menjanjikan.  

Menurut akademisi dari Akademi Teknik China Ye Qizhen pendekatan ini dapat memenuhi beragam kebutuhan energi industri-industri yang padat energi dan memberikan solusi dekarbonisasi bagi sektor-sektor yang beremisi karbon tinggi.  

Menurut CAEA, energi nuklir telah banyak digunakan di berbagai bidang di China, termasuk produksi isotop, produksi hidrogen, dan desalinasi air laut. Selain itu, teknologi nuklir telah diterapkan dalam semua aspek kehidupan masyarakat, seperti perindustrian, pertanian, kedokteran, perlindungan lingkungan, dan keamanan.

Pewarta: Xinhua

Editor: Imam Budilaksono

Copyright © ANTARA 2024

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/4161069/china-jajaki-penerapan-energi-nuklir-untuk-kurangi-emisi-karbon

Tags : Energi Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -