PM Jepang Kishida siap bertemu pemimpin Korea Utara kapanpun. (Anadolu Ajansi)



JawaPos.com - Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida menyatakan bahwa dirinya bersedia bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un kapanpun.

PM Kishida ingin bertemu Kim Jong Un untuk menyelesaikan permasalahan antara Jepang dan Korea Utara selama ini.

PM Kishida mengungkapkan keinginannya untuk berdialog dengan Kim Jong Un agar hubungan Jepang serta Korea Utara membaik.

"Saya ingin bertemu Kim Jong Un kapanpun tanpa syarat," ungkapnya PM Jepang tersebut dalam Sidang Majelis Umum PBB pada Selasa (19/9).

Kishida ingin membahas sejumlah permasalahan bersama Kim Jong Un termasuk serangkaian uji rudal yang dilakukan Korea Utara dan kasus penculikan warga Jepang di masa lalu.

Kishida menyebut pertemuan dengan Kim Jong Un merupakan bentuk upaya untuk menciptakan dunia tanpa senjata nuklir.

Bahkan, Kishida telah bertekad bahwa perlucutan senjata nuklir adalah misi semur hidupnya.

Di dalam pernyatannya, Jepang akan memberikan kontribusi dana sebesar 3 miliar yen atau sekitar Rp311,5 miliar yang dapat digunakan untuk riset dan membuat kebijakan perlucutan senjatan nuklir.

PM Jepang tersebut juga menekankan perlunya upaya multilateralisme dengan berdialog dengan negara-negara bersenjata nuklir mengenai perlucutan itu sendiri.

Di dunia yang semakin terpecah, kita perlu bahasa yang sama," ujarnya.

Kishida juga mengajak negara-negara di dunia terus berupaya mewujudkan perdamaian dan kerjasama di samping adanya rasa keputusasaan serta perpecahan saat ini.

 

Editor: Nicolaus

Sumber: aa.com.tr

Ilham Bagus Prasetyo - Rabu, 20 September 2023 | 23:25 WIB

Link: https://www.jawapos.com/internasional/013005209/guna-ciptakan-dunia-tanpa-senjata-nuklir-pm-jepang-kishida-siap-bertemu-pemimpin-korea-utara-kim-jong-un

Sumber : Jawapos

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -