Presiden Rusia Vladimir Putin ancam ratakan Barat dengan nuklir. (via REUTERS/SPUTNIK)



val | CNN Indonesia
Jumat, 01 Mar 2024 14:36 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Rusia Vladimir Putin memberi peringatan ke negara Barat akan gunakan senjata nuklir jika mereka campur tangan dalam konflik Ukraina-Rusia.
Putin menyampaikan pidatonya di antara anggota parlemen dan para elite politik Rusia di Moskow pada Kamis (29/2).

Ia mengancam akan menggunakan senjata nuklir jika negara Barat macam-macam dengan Rusia.

"(Negara-negara Barat) harus menyadari bahwa kita juga mempunyai senjata yang dapat mengenai sasaran di wilayah mereka. Semua ini benar-benar mengancam konflik dengan penggunaan senjata nuklir dan penghancuran peradaban. Tidakkah mereka mengerti?!" ujar Putin dikutip dari Reuters.

Putin menegaskan bahwa Rusia sedang mengembangkan pertahanan kuat untuk menangkal ancaman yang mungkin terjadi.

"Oleh karena itu, tugas kita adalah mengembangkan kompleks industri pertahanan sedemikian rupa untuk meningkatkan potensi ilmu pengetahuan, teknologi, dan industri negara," tambahnya.

Ia juga optimistis negaranya tidak akan mengulang sejarah kelam seperti yang pernah terjadi beberapa dekade lalu.

Sebelumnya, beberapa anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) berencana ingin mengirim bantuan pasukan militer ke Ukraina.

Tetapi beberapa dari mereka masih mengkhawatirkan keterlibatan negara Barat dalam konflik tersebut.

Kremlin berencana ingin bertemu dengan AS untuk bernegosiasi terkait stabilitas senjata nuklir. Hingga saat ini, belum ada tanggapan resmi dari pihak AS terkait negosisasi tersebut.

Putin memanfaatkan hal tersebut sebagai celah bagi Rusia untuk dapat menyusun strategi lebih lanjut dalam konflik Ukraina-Rusia.

(bac/bac)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20240301140641-120-1069266/putin-ancam-ratakan-barat-dengan-nuklir-jika-cari-gara-gara

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -